Pemerintah Pusat Targetkan Pemukiman Tanpa Kumuh

SURABAYA (suarakawan.com) – Pemerintah pusat akan menargetkan kawasan permukiman tanpa kumuh di seluruh tanah air pada tahun 2020. Sedikitnya ada 5 kota besar di Indonesia yang akan terus dimonitor kementerian pekerjaan umum untuk diprioritaskan sebagai succes story, termasuk Surabaya.

Menteri PU Djoko Kirmanto menjelaskan, selain Surabaya juga ada Jakarta, Bandung, Makassar dan Medan.

“Menuju permukiman tanpa kumuh 2012 memang menjadi rencana pembangunan jangka panjang nasional hingga 2025. Hal ini sesuai dengan tujuan yakni pada tercapainya perbaikan signifikan dalam kehidupan bagi minimal 100 juta penghuni kawasan kumuh di dunia pada 2020,” ujar Joko Kirmanto saat mengunjungi rumah susun (rusun) Grudo Pandegiling, Surabaya.

Djoko juga mencontohkan Surabaya yang dianggap sukses mengubah kawasan kumuh menjadi tidak kumuh. Seperti yang bisa dilihat di Bozem Morokrembangan, di lokasi bozem tersebut merupakan kawasan kumuh yang telah direvitalisasi dan ditingkatkan kualitas lingkungan permukimannya secara terpadu sebagai implementasi program pro rakyat kluster 4.

Sementara dalam peringatan hari habitat sedunia 2012 ini dipilih tema changing cities, building opportunies yakni mengubah kota dan membangun kesempatan.

Sabtu siang, Kementrian PU berkunjung di beberapa tempat seperti wilayah Kenjeran, Bozem Wonorejo dan rusun Grudo. Namun kedatangan Kementrian PU di rusun Grudo sempat disesalkan warga karena hanya mampin sebentar saja.

“Padahal persiapan warga ini 3 hari 3 malam. Lha kok mampirnya sak nyuk,” celetuk Sadikin, salah satu warga pandegiling. (Bs/era/jto)

Tidak ada Respon

Tinggalkan pesan "Pemerintah Pusat Targetkan Pemukiman Tanpa Kumuh"