Pemberontak Libya Klaim Kuasai Bir Al-Ghanam

pemberontak libya (dok)

LIBYA (suarakawan.com) – pasukan pemberontak berhasil meraih sebagian wilayah setelah serangan besar-besaran melawan pasukan penguasa Libya Moammar Gadhafi di kota barat Bir Al-Ghanam.

Komandan pemberontak mengatakan 1.500 anggota oposisi bergabung dalam pertempuran, yang berlangsung lima jam. Roket dan tembakan saling barsautan dari kedua belah pihak.

Sedikitnya delapan pemberontak tewas dan puluhan lainnya terluka, menurut sumber medis. Korban yang diderita pasukan Gadhafi belum diketahui.

Pejuang pemberontak mengatakan pasukan Gadhafi telah mundur dari Bir ??Al-Ghanam dan mengklaim kemenangan atas kota.

Serangan dimulai saat fajar karena ratusan pemberontak menyapu dalam dari barat dari gunung Nafusa dan ke dataran di bawah ini. Para pejuang dalam serangan Sabtu adalah bagian dari apa yang beberapa telah dijuluki sebagai tentara Mad Max – armada truk pickup dimodifikasi untuk mengambil senjata berat ngebut melintasi padang pasir. Sebagian besar orang adalah warga sipil sebelum pertempuran pecah.

Bir Al-Ghanam adalah kota sekitar 85 kilometer (53 mil) dari ibu kota Tripoli. Menguasai kota ini penting karena tidak banyak lagi berdiri di jalan antara Al-Ghanam Bir dan pantai Libya – Tripoli.(cnn/nas)

Tidak ada Respon

Tinggalkan pesan "Pemberontak Libya Klaim Kuasai Bir Al-Ghanam"