Pemalsu Dokumen Kredit Dibekuk

1 komentar 5 views

Tersangka Pemalsu Dokumen

SURABAYA (suarakawan.com)-Unit IV Reskrim Polrestabes Surabaya menangkap 8 pelaku pemalsuan dokumen pengajuan kartu kredit dimana penyebarannya di wilayah Surabaya dan Jatim.

8 tersangka tersebut bernama  , Titin Sumarni (35), Sudjati (30), Wahyu Mulyanto (39), Amos Sudjarwo (50), Roby Hendarto (38), Heri Santosa(28), Achmad Markus (30) dan Achmad Ridwan (40) yang ke semuanya adalah warga kota Surabaya.

“Mereka beroperasi di wilayah Surabaya, dan juga tersangka ini beraksi sampai di wilayah yaitu Batam, Sumatra, dan Kalimantan,” ujar Kapolretabes Surabaya, Kombes Pol Coky Manurung kepada wartawan di Mapolrestabes Surabaya, Kamis (9/6)

Dikatakannya bahwa sindikat ini sudah tiga tahun menjalankan aksinya di beberapa bank BRI di wilayah Surabaya dan sekitarnya.

”Mereka membuat identitas palsu dan mengajukan kredit di bank BRI di wilayah Surabaya dan sekitarnya. Lalu mereka mengajukan kredit dan ada beberapa pengajuan yang sudah cair mencapai Rp. 3 M,”terangnya.

Dijelaskan, modus tersangka pertama yaitu Titin, Sumarni dan Sudjati mengajukan kredit ke bank Swasta dengan memalsukan nama dan tempat tinggal yang berbeda.

Selanjutnya tersangka Wahyu M, Akhmad M, dan Akhmad R. yang menyediakan surat dokumen, KTP, KSK, dan Akte Kelahiran palsu dengan menggunakan alat percetakan sendiri, sementara itu Amos, Roby,  dan Heri yang meyediakan pembuatan KTP Palsu. “Para tersangka ini memiliki peran yang berbeda”, jelasnya.

Ketika ditanyai tentang keterlibatan orang dalam Bank saat ini polisi sedang menyelidiki dan mengembangkan kasus tersebut. “ Kalau dilihat sementara ini ada orang keterlibatan dari orang dalam bank tersebut,” tuturnya.

Dari penangkapan delapan tersangka diamankan beberapa barang bukti antara lain ribuan kertas bahan blanko KTP, 200 stempel dari beberapa instansi, printer, 40 ribu bahan kartu keluarga dan 100 buku nikah kosong.

“Akibat perbuatan ini pihak BRI dirugikan sampai Rp 3 M dan kami saat ini masih mengembangkan kasus ini karena kami menduga masih banyak lagi Bank BRI cabang lain yang menjadi korban mereka,”terang mantan Dirnarkoba Polda Jatim ini di dampingi oleh Kasat Reskrim Polrestabes Surabaya, AKBP Anom Wibowo. (aca/nas)

Satu Respon

Tinggalkan pesan "Pemalsu Dokumen Kredit Dibekuk"