Pelindo III Salurkan Dana Rp 37,5 M Untuk PKBL

SURABAYA (suarakawan.com) – PT Pelindo III salurkan dana sebesar Rp. 37,5 Miliar untuk Program Kemitaan dan Bina Lingkungan (PKBL) sebagai wujud komitmen peningkatan usaha kecil dan menengah di wilayah sekitar PT Pelindo III.

Direktur Keuangan PT Pelindo III (Persero), Wahyu Suparyono menjelaskan dana tersebut terdiri dari dana Kemitraan sebesar Rp. 28,3 Miliar yang diberikan kepada 804 mitra binaan dan dana Bina Lingkungan sebesar Rp. 9,2 Miliar yang diberikan kepada 467 penerima bantuan.

“besaran dana PKBL yang disalurkan PT Pelindo III (Persero) selama kurun waktu tahun 2011 mengalami peningkatan yang cukup signifikan jika dibandingkan dana PKBL tahun 2010,” katanya dalam rilisnya dalam acara Workshop Pemetaan Wilayah Program Kemitraan dan Bina Lingkungan di Yogyakarta, Selasa (21/02).

Lebih jauh menurutnya, PKBL adalah rancangan program yang dilakukan oleh Kementerian BUMN dengan tujuan membantu meringankan beban pemerintah serta meningkatkan kesejahteraan rakyat dan memeratakan pembangunan.

“PKBL diatur dalam Peraturan Menteri BUMN Nomor:Per-05/MBU/2007 tentang Program Kemitraan BUMN Dengan Usaha Kecil Dan Program Bina Lingkungan,” ucapnya.

Perlu diketahui, Setiap tahun PT Pelabuhan Indonesia III (Persero) menyalurkan dana PKBL kepada masyarakat. Dana tersebut berasal dari penyisihan laba perusahaan setelah dikurangi pajak dengan besaran masing-masing maksimal 2% untuk Program Kemitraan dan maksimal 2% untuk Program Bina Lingkungan. Besaran dana PKBL ditetapkan dalam Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS).(dew/jto)

Keterangan Foto:  Direktur Keuangan PT Pelabuhan Indonesia III (Persero), Wahyu Suparyono saat menyerahkan bantuan Bina Lingkungan di Kantor Pusat PT Pelindo III (Persero) beberapa waktu lalu.(Humas Pelindo III)

 

Tidak ada Respon

Tinggalkan pesan "Pelindo III Salurkan Dana Rp 37,5 M Untuk PKBL"