Pekan Ini Anggota Dewan Jalani Pemeriksaan Bimtek

SURABAYA(suarakawan.com) ā€“ Proses penanganan dugaan korupsi Bimbingan Teknis (Bimtek) DPRD Surabaya akan memasuki tahap krusial dalam pekan ini,karena menurut sumber suarakawan.com di Polrestabes Surabaya,untuk pemeriksaan anggota DPRD Kota Surabaya guna dimintai keterangan sebagai saksi mulai di running dalam pekan ini.

Saat di konfirmasi terkait hal ini,Kasat Reskrim Polrestabes Surabaya AKBP Indarto memberikan jawaban diplomatis.”Yang pasti kita sudah ada jadwal penyelidikan,terkait kapan,itu sudah menyangkut teknis,”ujar Indarto,Minggu(10/7) saat dihubungi lewat seluler oleh suarakawan.com

Alumni Akpol’95 ini menambahkan saat ini untuk rencana penyelidikan pihaknya besok senin akan melakukan gelar perkara.Gelar perkara ini guna mendalami hasil-hasil penyelidikan yang telah dilakukan,baik dari keterangan saksi,maupun bukti-bukti yang telah di dapatkan

“Kita juga akan meminta keterangan saksi ahli dalam bidang penyelenggaraan administrasi negara dan pidana korupsi,”kata arek Suroboyo ini.

Informasi yang digali suarakawan.com di Polrestabes menyebutkan,untuk gelar perkara,juga akan membahas teknis pemeriksaan anggota dewan,untuk menentukan siapa dulu anggota dewan yang akan dimintai keterangan.Apakah dari unsur pimpinan,ketua komisi atau anggota biasa.Atau apakah dari unsur anggota dewan yang pernah mengikuti Bimtek atau sebaliknya anggota dewan yang di indikasikan tidak terlibat Bimtek.

Begitu pula dengan formasi pemeriksaan,mengingat jumlah anggota dewan secara keseluruhan berjumlah 50,maka polisi masih perlu mengestimasi,kira-kira berapa anggota dewan yang akan dimintai keterangan dalam satu paket pemeriksaan.

Tentu saja hal ini juga akan dibandingkan dengan jumlah penyidik yang menangani kasus ini.Agar pemeriksaan nantinya dapat berjalan dengan efektif.

Jika gelar perkara dilakukan pada hari senin besok,maka dimungkinkan surat panggilan terhadap anggota dewan akan diluncurkan pada hari Selasa atau Rabu.”Kata siapa mas, saat ini kita masih fokus untuk gelar perkara,masih belum meluncurkan surat panggilan,”kata Indarto.

Hal senada juga disampaikan oleh Kapolrestabes Surabaya Kombes Pol Coki Manurung.menurutnya,masalah waktu tinggal menyesuaikan saja,yang penting proses penyidikan terus berjalan.”Teknislah itu,jadi kapan pemeriksaannya tidak perlu diperdebatkan,”ujar Coki.

Sementara itu Kapolda Jatim Irjen Pol Hadiatmoko saat di konfirmasi terkait kasus ini mengatakan bahwa pihaknya akan meminta laporan perkembangan dari anggotanya.”Ya saya perlu minta masukan dari penyidik,maklum mas,baru dua hari bertugas.Prinsipnya penegakkan hukum seadil adilnya tanpa diskriminatif,berdasarkan azaz hukum yang berlaku,proffesional dan proporsional,”ujar Kapolda Jatim(Wis/nas)

 

Tidak ada Respon

Tinggalkan pesan "Pekan Ini Anggota Dewan Jalani Pemeriksaan Bimtek"