PD Pasar Surya Meski Berprestasi Tetap Dikritik

Tidak ada komentar 30 views

M Machmud (Ketua Komisi B) DPRD Kota Surabaya

SURABAYA (suarakawan.com) – Perusahaan Daerah (PD) Pasar Surya yang berhasil memenuhi target pembagian laba dengan Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya justru mendapatkan penilaian negatif dari DPRD Surabaya karena PD Pasar Surya terlalu fokus pada pemenuhan target deviden, namun tatanan pengelolaan pasar masih banyak terbengkalai.

Hal ini ditegaskan Ketua Komisi B DPRD Surabaya, Mochammad Machmud mengatakan, meskipun target deviden PD Pasar Surya terpenuhi, namun kenyataannya, masih banyak keluhan dari pedagang tentang pengelolaan pasar.

”Pedagang masih banyak yang mengeluhkan pasar sepi karena tidak ada pembeli. Selama ini PD Pasar terlalu fokus menjual stand dan kios serta menarik retribusi. Namun, pengelolaan pasarnya masih lemah,” katanya.

Contohnya, lanjut politisi Demokrat ini, permasalahan yang dialami Pasar Rungkut Baru yang bersebelahan dengan Pasar Soponyono. Pasar Rungkut Baru adalah pasar milik PD Pasar, sementara Pasar Soponyono milik swasta.

”Kalau cuma berpikir menjual stan atau kios, PD Pasar tidak beda dengan makelar properti. Makanya, dirut PD Pasar harus bisa inovasi untuk menghidupkan pasar,” tegas mantan wartawan ini.

Sementara itu, berdasarkan laporan pembagian laba PD Pasar Surya tahun 2010, laba bersih perusahaan plat merah itu sebesar Rp 3.468.391.734. Dari laba bersih itu, pemkot mendapat pembagian laba sebesar 55 persen, yaitu Rp 1.907.615.453. Itu berarti memenuhi target yang dibebankan pemkot tahun lalu, yaitu Rp 19 miliar.(jto/nas)

Tidak ada Respon

Tinggalkan pesan "PD Pasar Surya Meski Berprestasi Tetap Dikritik"