Pasangan Cagub Jatim 2018 Ikrarkan Pilkada Damai

SURABAYA (suarakawan.com) – Dua pasangan calon Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa-Emil Elistianto Dardak dan Saifullah Yusuf-Puti Guntur Soekarno membacakan ikrar Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2018 damai di sela simulasi sispam kota di Makodam V Brawijaya Surabaya, Rabu.

Pembacaan ikra pilkada damai itu dipimpin oleh Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jatim Eko Sasmito dan disaksikan oleh Gubernur Jatim Soekarwo didampingi Kapolda Jatim Irjen Pol Machfud Arifin dan Pangdam V Brawijaya Mayjen TNI Arif Rahman serta jajaran Komandan Korem, Dandim dan Kapolres se-Jatim.

Poin-poin ikrar Pilkada Jatim yang dibaca kedua pasangan calon itu yakni:

1. Siap mengikuti pemilihan gubernur dan wakil gubernur Prorvinsi Jawa Timur tahun 2018 secara jujur, adil, santun dan bermartabat.

2. Siap bekerja sama dengan penyelenggara dan pengawas Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Timur untuk tidak mengangkat isu-isu yang berbau suku, agaram dan ras (SARA).

3. Bersama aparat polisi dan TNI siap untuk menjaga situasi keamanan, ketertiban masyarakat (kamtibmas) yang kondusif aman dan damai.

4. Mendukung sepenuhnya tindakan aparat hukum sesuai dengan peraturan perundang-undangan.

5. Siap menerima hasil pleno pemilihan gubernur dan wakil gubernur sesuai dengan peraturan perundangan-undangan.

6. Siap untuk terpilih dan tidak terpilih serta siap mendukung gubernur dan wakil gubernur terpilih melalui proses pemilihan yang demokratis, transparan dan bermartabat.

Ketua KPU Eko Sasmito mengatakan dengan pembacaan ikrar itu diharapkannya dapat membantu menciptakan Jatim yang aman dan kondusif.

“Kontribusi para pasangan calon itu juga sangat dibutuhkan dalam meredam terjadi konflik selama proses kampanye hingga tahap pimilihan dan pasca penetapan pemenang,” kata Eko.

KPU sebagai penyelenggara Pilkada, kata dia, sangat berharap dukungan dari seluruh pihak untuk ikut menyukseskan seluruh tahapan Pilkada mulai dari masa kampanye, pemilihan, hingga penetapan pemenang.

“Dengan ikrar ini, kami harapkan ada komitmen unutk saling menjaga agar ke depan juga tidak terjadi konflik antarpasangan calon dan pendukungnya,” ujarnya.

Sementara itu, Kapolda Jatim Irjen Pol Machfud Arifin mengatakan semua pihak mengharapkan dan menghendaki adanya Pilkada Jatim yang damai. Untuk itu dia meminta semuanya ikut berperan dalam menciptakan kedamaian selama pilkada.

“Deklarasi damai ini karena semua menghendaki kedamaian. Dalam proses Pilkada harus damai,” kata Machfud. (ant/rur)

Tidak ada Respon

Tinggalkan pesan "Pasangan Cagub Jatim 2018 Ikrarkan Pilkada Damai"