Partai Demokrat Masuk Posisi 3 Besar di Jatim

demokrat

SURABAYA (suarakawan.com) – Posisi Partai Demokrat di Jawa Timur saat ini semakin kuat. Apabila pada putaran Pemilu 2014 lalu Partai Demokrat berada di posisi keempat, saat ini partai berlogo mercy tersebut berada di posisi ketiga dan menyalip Partai Gerindra.

Hal tersebut dibuktikan melalui hasil survey yang dilakukan oleh Surabaya Survey Centre(SSC). Saat ini, elektabilitas Partai Demokrat di Jawa Timur berada di level 10.5 persen. Capaian tersebut, menjadikan saat ini Partai Demokrat berada di tiga besar partai politik di Jawa Timur.

Data-data tersebut diatas diperoleh melalui survey yang dilakukan oleh Surabaya Survey Centre di 38 Kab/Kota di Jawa Timur pada kurun waktu 25 November-8 Desember 2017. Survey tersebut dilakukan dengan metode multistage random sampling dengan 940 responden. Tingkat kepercayaan dari hasil tersebut sebesar 95 persen dengan margin of error 3.2 persen.

Peneliti Senior SSC Budi Wiyoto berpendapat bahwa capaian yang berhasil diraih Partai Demokrat tersebut sangat layak untuk diberikan apresiasi. Pasalnya, ditengah maraknya kejenuhan masyarakat pada partai politik, justru Partai Demokrat kali ini mampu menunjukkan trend dukungan yang positif. Ini tentu tidak lepas dari peran aktif yang diambil dalam kontestasi Pilgub Jatim. Seperti kita tahu Demokrat tampil sebagai aktor utama partai pengusung paslon KIP-Emil Dardak.

“Menaikkan elektabilitas itu susah, sebaliknya menurunkan elektabilitas ini sangat gampang. Peningkatan 1 persen elektabilitas saja bisa membutuhkan waktu dalam hitungan tahun. Tapi kalau menurunkan elektabilitas 5 persen ini bisa dalam 3 bulan saja,” ujarnya.

Di tengah kondisi sekarang ini, kalau bisa memiliki trend dukungan positif, maka sebuah partai politik bisa dikatakan berhasil melakukan pendekatan personal yang memang diinginkan oleh masyarakat.

“Dalam hal ini Demokrat telah sukses tampil sebagai aktor protagonis dalam Pilgub Jatim dengan menjadi partai pengusung utama KIP-Emil. Maka wajar jika sekarang Demokrat menggeser Gerindra,” jelas Budi. (aca/rur)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *