Paripurna Hut Jatim ke 67,Sebanyak 58 Anggota Dewan Jatim Mangkir

SURABAYA (suarakawan.com) – Rapat paripurna Istimewa memperingati hari Jadi Provinsi Jatim ke 67 yang digelar di DPRD Jatim hanya didatangi oleh 42 anggota Dewan Jatim, dimana dalam peraturan setiap rapat paripurna harus minimal di datangi sebanyak 50 anggota Dewan untuk memenuhi syarat sahnya sidang paripurna.

Dalam pantauan di Lapangan meski para pejabat Pemprov Jatim hampir semuanya hadir, termasuk Gubernur Jatim dan Wagub Saifullah Yusuf, tapi itu tak dilakukan anggota dewan. Banyak kursi yang kosong sehingga paripurna terasa lengang dan Jalannya sidang paripurna langsung ditayangkan oleh salah satu Televisi Nasional.

Dari data yang ada, dari total 100 kursi di DPRD Jatim, yang hadir hanya 42 orang saja. Adapun yang hadir diantaranya dari Fraksi Golkar, Fraksi Demokrat, Fraksi PKB dan satu orang dari Fraksi PAN. Sedangkan yang absen dalam paripurna ini adalah dari Fraksi PDIP, PKNU, dan PKS. Meski tak memenuhi kuorum atau 50 persen plus 1 kursi, namun paripurna tetap digelar karena termasuk rapat istimewa terkait HUT ke-67.

Ketua Komisi A DPRD Jatim, Sabron Jamil Pasaribu menilai jika banyaknya anggota dewan yang absen dinilai sebagai hal yang memalukan. “Saya menilai ini adalah contoh buruk kepada masyarakat. Seharusnya mereka menghargai dengan hadir dalam paripurna, dan pihaknya meminta kepada Badan kehormatan untuk menindak secara tegas terhadap yang absen dalam sidang paripurna kali ini” paparnya saat ditemui usai paripurna, Jumat (12/10). (aca/jto)

Tidak ada Respon

Tinggalkan pesan "Paripurna Hut Jatim ke 67,Sebanyak 58 Anggota Dewan Jatim Mangkir"