Panitia Timsel Calon Anggota Dituding Tidak Fair

kpu jatimSURABAYA (suarakawan.com) – 20 peserta yang masuk 20 besar Calon Anggota Komisi Pemilihan Umum (KPU) kota Surabaya mendapat sorotan tajam. Sejumlah peserta yang mengikuti tes seleksi menuding Panitia Tim Seleksi (Timsel) Anggota KPU kota Surabaya tidak fair dalam memilih peserta yang lolos 20 besar.

“Nama-nama peserta yang lolos seleksi 20 besar diduga sarat kepentingan dan tidak fair,” kata Arie, salah satu peserta seleksi anggota KPU kota Surabaya kepada wartawan di Surabaya, Senin (12/05).

Sebelumnya, Tim Pansel mengumumkan 20 peserta yang lolos seleksi calon anggota KPU Surabaya periode 2014?2019. Dari nama-nama yang lolos 20 besar tersebut terdapat dua orang dari tiga incumbent KPU Kota Surabaya.

20 peserta yang lolos seleksi itu diumumkan di media masa tanggal 13 Mei. Selanjutnya mereka harus mengikuti seleksi wawancara yang akan digelar pada tanggal 16- 17 Mei 2014, di Hotel Equator Surabaya.

Arie mengaku mendapat informasi salah satu nama yang masuk 20 besar yang diumumkan adalah istri dari KPU Pusat. Seharusnya ketika mendaftar ada surat pernyataan bermaterai tidak ada hubungan kekerabatan dengan sesama penyelenggara.

Bahkan, ada juga yang langsung tanpa tendeng aling-aling telpon-telponan dengan salah satu komisoner KPU Jatim. “Ada saksi temen yang mendengar langsung saat kontak-kontakan. Pasti itu titipan orang-orang yang sudah diplot,? ucap Dosen di salah satu perguruan tinggi swasta itu.

Hal sama juga dialami Mahfud. Salah satu peserta tes seleksi ini mengaku tidak kaget ketika mengetahui nama-nama hasil seleksi yang diumumkan. Beberapa diantara mereka adalah titipan yang sudah diplot untuk lolos 20 besar.

?Aku tidak kaget mas setelah mengetahui dari nama-nama yang muncul dari hasil seleksi. Aku sudah paham ini pasti bawaan,? ungkapnya tanpa menyebut nama-nama yang sudah diplot lolos 20 besar itu.

Menanggapi tudingan tersebut, Ketua Tim Seleksi (Timsel) Machmud Suhermono secara terang-terangan membantah. Pihaknya menjamin tidak ada titipan dan Timsel sudah melaksanakan seleksi anggota KPU Surabaya sesuai dengan aturan yang ada. ?Saya jamin tidak ada istri KPU Pusat dan saya jamin itu,? tegasnya.

Dia berharap masyarakat mau memberikan masukan dan tanggapan terhadap nama-nama calon anggota KPU kota Surabaya. Masukan dan tanggapan disampaikan secara tertulis dengan identitas yang jelas kepada Tim Seleksi Calon KPU kota Surabaya dengan alamat Gedung Eks PPMB Universitas Airlangga Surabaya Jl. Dharmawangsa 29 telp/fax 031-5017445, atau melalui email : timsel.kpusby@yahoo.co.id. selambat-lambatnya tanggal 15 Mei 2014. (Bng/era)

Tidak ada Respon

Tinggalkan pesan "Panitia Timsel Calon Anggota Dituding Tidak Fair"