PAN Jatim Tak Akan Buka Pendaftaran Calon Kepala Daerah

pilkada

SURABAYA (suarakawan.com)  – Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) Partai Amanat Nasional (PAN) Jatim menegaskan tak akan mengikuti tren pembukaan pendaftaran calon kepala daerah seperti hanya yang dilakukan oleh beberapa partai belakangan ini.

Menurut Bendahara DPW PAN Jatim, Agus Maimun ditemui usai paripurna DPRD Jatim, Jumat (11/8) pihaknya telah memiliki mekanisme lain dalam menentukan calon.

Yakni, dengan mempertimbangkan prolehan hasil survei. Serta hasil survei sudah terlihat  Mana yang berpotensi untuk dipilih oleh masyarakat. “Tentu, mana yang memiliki survei tinggi, itu yang berpotensi kami usung. Saat ini, prosesnya sedang berjalan,” ujar pria yang juga menjabat Ketua Fraksi PAN di DPRD Jatim ini.

Untuk diketahui, belakangan ini, beberapa partai memang telah membuka pendaftaran calon gubernur.

Diantaranya yang telah ditutup bulan lalu adalah Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) dan Partai Demokrat. Lalu, yang saat ini masih berlangsung adalah Partai Hati Nurani Rakyat (Hanura) dan Partai Golongan Karya (Golkar).

Pekan depan, rencananya Partai Persatuan Pembangunan (PPP) juga akan melakukan langkah serupa. “Daripada kami membuka pendaftaran, lebih baik kami fokus pada calon yang sudah jelas maju dan berpotensi menang saja,” jelasnya.

Dalam berbagai kesempatan, PAN seringkali menyebut nama Wakil Gubernur Jatim, Saifullah Yusuf, dan Menteri Sosial RI, Khofifah Indar Parawasa, sebagai calon potensial yang diusung oleh pihaknya.

Selain itu, PAN juga terus berkomitmrn untuk mendorong kader internalnya, Ketua DPW PAN, Masfuk, dan Bupati Bojonegoro, Suyoto.

“Memang kami bisa saja memunculkan nama baru di luar nama yang sudah beredar saat ini. Namun, sekali lagi itu juga bergantung dengan rekan partai koalisi. Sebab, jumlah kursi kami jelas tidak cukup untuk mengusung calon. Oleh karena itu, kami memilih untuk menjalin komunikasi dengan rekan partai koalisi yang masih berlangsung intensif hingga saat ini,” paparnya.

Berdasarkan perolehan kursi PAN di pemilu sebelumnya, partai berlambang matahari nersinar ini memperoleh tujuh kursi DPRD.

Padahal untuk bisa mendaftarkan pasangan calon gubernur-wakil gubernur, tiap kandiat minimal harus mengantongi dukungan 20 kursi di parlemen. (aca/rur)

Tidak ada Respon

Tinggalkan pesan "PAN Jatim Tak Akan Buka Pendaftaran Calon Kepala Daerah"