Pabrik PT Intan Ustrix Siap Dibongkar

Tidak ada komentar 45 views

GRESIK (suarakawan.com) – Gudang dan pabrik baru perluasan PT Intan Ustrix yang memproduksi kertas karton akhirnya bakal segera dibongkar.

Hal itu diketahui setelah ada kesepakatan antara perwakilan Warga yang sedang berunjuk rasa dengan pihak managemen PT Intan Ustrix.

Dalam kesepakatan tersebut, ada dua point yang dianggap paling penting oleh warga.

“Pertama, dalam waktu maksimal dua hari, bangunan yang menutup sungai akan segera dibongkar dan kedua, bangunan yang tidak berijin dan melanggar perda RTRW akan dibongkar maksimal 14 hari,” kata Sampurnadi ,tokoh masyarakat setempat.

Dikatakan Sampurnadi, Jika dalam waktu yang ditentukan seperti termaktub dalam kesepakatan ternyata tidak dilakukan oleh pihak pabrik, maka warga akan merobohkan dengan caranya sendiri.

“Gara-gara pabrik ini, pemukiman kami selalu banjir dan menjadi sarang penyakit karena aliran sungai ditutup, selain itu, bau menyengat akibat polusi udara juga hampir tiap malam terjadi sehingga membuat warga terganggu,”katanya.

Bahkan, lanjut Sampurnadi, beberapa bangunan retak-retak karena dampak pemancangan tiang bangunan pabrik.

“Bupati Gresik sendiri tidak berani memberikan ijin pabrik itu, karena memang tidak sesuai dengan RTRW,”imbuhnya.

Sementara itu,Direktur Umum PT Intan Ustrix, Christianto Adi mengatakan, pihaknya siap memenuhi tuntutan warga, dan akan segera menghentikan perluasan pabrik serta akan memperbaiki kerusakan rumah warga akibat pembangunan tiang pancang pabrik baru.

“Kami bersedia membongkar perluasan pabrik baru, dan selambat-lambatnya akan kami lakukan tanggal 14 Februari 2013. Selain itu, kami akan mengganti kerusakan rumah warga akibat pembangunan pabrik baru,” katanya.

Kesepakatan antara warga dan pihak pabrik tersebut dituangkan dalam surat pernyataan bermaterai yang ditandatangi perwakilan warga serta pihak pabrik dan disaksikan aparat kepolisian.

Saat ditanya soal keberadaan bangunan baru tersebut yang ternyata menyalahi aturan, Christian mengaku tidak begitu tahu.(ika/jto)

 

Tidak ada Respon

Tinggalkan pesan "Pabrik PT Intan Ustrix Siap Dibongkar"