Pabrik Perakitan Honda di Jepang Mulai Berproduksi

JEPANG – Setelah sempat terhenti selama lebih dari satu bulan, pabrik perakitan mobil Honda di Sayama Jepang kini kembali memulai aktifitasnya. Meskipun belum bisa berproduksi dalam kapasitas penuh, ini adalah sebuah kemenangan bagi Honda.

Betapa tidak, gempa dan tsunami sebulan lalu, ditambah gempa-gempa susulan yang cukup hebat, telah mengakibatkan terganggunya  supply chain atau rantai pasok komponen otomotif di Jepang. Negeri Sakura itu memang dikenal sangat ketat dalam menggunakan pasokan komponen dari produsen lokal.

Sebenarnya pabrik perakitan Honda di Sayama Tokyo sendiri tidak terkena dampak gempa dan tsunami. Namun pemasok 20.000 hingga 30.000 onderdil mereka di bagian timur laut Jepang terkena dampak secara langsung.

Yang digunakan untuk berproduksi saat ini adalah komponen cadangan. Jika para pemasok onderdil tersebut tidak bisa segera bangkit, maka lini perakitan pabrik otomotif di Jepang bisa terhenti kembali.

“Kami tidak melanjutkan produksi dalam jangka waktu lama,” kata Ko Katayama, general manager pabrik Honda Sayama, seperti dikutip NYTimes. “Cepat atau lambat komponen yang ada pasti akan habis.” lanjutnya.

Saat ini Honda Sayama hanya memproduksi 400 hingga 450 unit mobil per hari. Ini hanya separo dibandingkan kondisi normalnya yang bisa memproduksi 800 hingga 900 unit per hari.

Apa yang terjadi pada Honda juga dialami oleh pabrik otomotif yang lain di Jepang. Misalnya Toyota dan Nissan. Analis otomotif dari Citigroup, Noriyuki Matsushima, memprediksi bahwa produksi otomotif global dari pabrikan Jepang akan turun sebesar 15% dan tidak akan kembali hingga Oktober mendatang. (NYT/buo)

——-
Foto: lini perakitan Honda Sayama (courtesy of  Moshe Komata for The New York Times)

 

 

Tidak ada Respon

Tinggalkan pesan "Pabrik Perakitan Honda di Jepang Mulai Berproduksi"