Pabrik Mencemari Lingkungan, Warga Geram Geruduk Pabrik Baja

SIDOARJO (suarakawan.com) – Ratusan warga Desa Sidomojo Kecamatan Krian meluruk Pabrik Baja PT. Bintang Baru Prima Pratama yang ada di Jl. By pass km 29 Krian, Rabu (22/02).

Kedatangan warga melakukan aksi unjuk rasa, bahkan sempat memblokir Jl. By pass Krian. Mereka menuntut pabrik tersebut ditutup, karena dinilai limbah pabrik tersebut telah mencemari air sumur dan lingkungan warga.

Menurut Abdul ghofur selaku koordinator aksi demo dimintai keterangan mengatakan warga Desa Sidomojo, menolak adanya kegiatan pabrik yang telah mencemari lingkungan. “Karena dengan adanya pabrik tersebut warga banyak dirugikan, bahkan banyak warga yang sering sakit kepala dan sesak nafas selama asap pabrik ada, untuk itu kami menginginkan ditutup saja pabrik baja itu,” kata Ghofur.

“Banyak air sumur warga yang sudah tidak bisa digunakan lagi akibat tercemar airnya dengan limbah pabrik,bahkan kalau malam nafas kami terasa sesak akibat pembuang asap pabrik,” tambahnya.

Diketahui, aksi demo ini dikawal ketat oleh 189 anggota polres Sidoarjo dan diwarnai ketegangan. Pasalnya warga menginginkan diijinkan masuk ke pabrik.

“Kami menginginkan bisa diketemukan secara langsung oleh pemilik pabrik, karena selama ini, Victor pemilik pabrik tak mau datang memenuhi undangan warga,” pungkas Ghofur.

Sementara itu, aksi kejar- kejaran sempat terjadi, saat Lucy dari pihak manajemen pabrik hendak masuk ke area pabrik,namun kejadian ini bisa diredam polisi yang sudah siap di depan pintu masuk pabrik tersebut.(dik/jto)

 

Tidak ada Respon

Tinggalkan pesan "Pabrik Mencemari Lingkungan, Warga Geram Geruduk Pabrik Baja"