Oposisi Pakistan Tuntut Penyelidikan Independen

Tidak ada komentar 9 views

Koran Yang memberitakan kematian Osama bin Laden di sebuah kios di Berlin, Jerman. (AP Photo / Markus Schreiber)

ISLAMABAD-Pemimpin oposisi Pakistan Nawaz Sharif, pada hari Rabu menuntut penyelidikan  independen atas serangan AS yang membunuh Osama bin Laden dan menolak penyelidikan internal militer yang diperintahkan oleh negara.

“Kami  benar-benar menolak komite perdana menteri karena itu tak berdaya. Tidak  bisa menyelidiki masalah secara mendalam,” katanya dalam konferensi pers  tak lama setelah kembali ke Pakistan dari perawatan medis di Inggris.

“Kita  harus sampai ke dasar masalah. Jika tidak, maka sejarah tidak akan  mengampuni kita,” katanya merujuk pada pemerintah dan militer.

“Komisi ini harus memastikan fakta penuh kehadiran Osama bin Laden dan operasi Amerika di Pakistan,” katanya.

Perdana  Menteri Yousuf Raza Gilani pada hari Senin mengumumkan bahwa seorang  letnan jenderal akan mengepalai penyelidikan  bagaimana, kapan dan mengapa bin Laden telah bersembunyi di kota  garnisun di mana dia dibunuh oleh pasukan AS.

Sharif,  yang dianggap sebagai politisi paling populer di Pakistan, menuntut  pemerintah membentuk komisi yudisial dalam waktu tiga hari dipimpin oleh  hakim atas negara itu, yang harus menyelesaikan pekerjaan dalam 21  hari.
Jika  pemerintah tidak memenuhi tuntutannya, ia mengancam untuk melakukan tindakan dengan partainya Liga Muslim Pakistan. (afp/nas).

Tidak ada Respon

Tinggalkan pesan "Oposisi Pakistan Tuntut Penyelidikan Independen"