Operasi Pemisahan Rochman-Rochim Butuh 27 Jam

SURABAYA – Bayi kembar siam dempet pinggul dan pantat, Rochman-Rochim asal Jombang Jawa Timur, Sabtu (9/4) pagi menjalani operasi pemisahan selama 27 jam. Operasi yang dilakukan di ruang operasi lantai 6 Gedung Bedah Pusat Terpadu (GBPT) RSU Dr Soetomo Surabaya.

Ketua Tim Pusat Penanganan Kembar siam Terpadu RSUD dr Soetomo Surabaya, dr Agus Harianto SpAK mengatakan operasi akan berlasung lama dan rumit. “Operasi diprediksi berlangsung 27 jam dengan bagian tersulit memisahkan alat kelaminnya,” paparnya di awal operasi pemisahan.

Pantauan suarakawan di GBPT RSU Dr Soetomo Surabaya, sejak pukul 07.00 hingga 10.00 WIB, tim dokter  terlihat masih melakukan induksi, intubasi dan labelling merah dan kuning untuk membedakan keduanya. Anis Mulyo (43) dan Supinah (35) orang tua Rochman-Rochim ikut menyaksikan jalannya proses operasi ini di ruang monitor.

Untuk diketahui, sehari menjelang operasi pemisahan, tim dokter ternyata menemukan infeksi kuman di tubuh anak kembar siam dempet pinggul dan pantat, Rochman dan Rochim. Namun temuan ini tidak membatalkan tim dokter untuk menjalankan operasi pemisahan pada Sabtu (9/4). (ut/ara)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *