Obama Umumkan Telah Capai Kesepakatan Untuk Hindari Gagal Hutang

Barack Obama

WASHINGTON (suarakawan.com) – Presiden AS Barack Obama mengumumkan pada hari Minggu bahwa ia dan anggota parlemen atas telah mencapai kesepakatan untuk menghindari gagal bayar hutang yang akan mengakibatkan bencana yang akan menimbulkan kekacauan dalam perekonomian dunia.

“Saya ingin mengumumkan bahwa para pemimpin dari kedua belah pihak di kedua kamar telah mencapai kesepakatan yang akan mengurangi defisit dan menghindari default, default yang akan memiliki dampak buruk terhadap perekonomian kita,” kata Obama dalam sambutannya buru-buru diumumkan pada white House.

Di Kongres AS, pemimpin senat Demokrat yang dikuasai Partai Republik dan Gedung yang dipimpin Perwakilan mengatakan mereka akan hadir pada Senin menjelang akhir suara untuk menyetujui kesepakatan itu.

“Kami belum selesai, saya ingin mendesak anggota dari kedua pihak untuk melakukan hal yang benar dan mendukung kesepakatan ini dengan suara Anda selama beberapa hari ke depan,” kata Obama, dengan waktu berjalan singkat sebelum tengah malam Selasa (0400 GMT Rabu ) tenggat waktu.

Pemerintah AS mencapai batas utang pada 16 Mei dan telah menggunakan penyesuaian belanja dan akuntansi, serta tinggi dari perkiraan penerimaan pajak, untuk terus beroperasi secara normal – tetapi hanya dapat melakukannya melalui 2 Agustus.

Tanpa kesepakatan, pemerintah AS harus memotong 40 sen dari setiap dolar anggaran, memaksa pilihan suram antara wanprestasi atau mengurangi program  yang membantu kaum miskin, cacat dan lanjut usia.(afp/nas)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *