Obama Terbitkan Surat Kelahiran Lengkap

1 komentar 3 views

Gedung Putih menerbitkan surat kelahiran lengkap Presiden Barack Obama untuk menanggapi rumor bahwa ia tidak dilahirkan di Amerika Serikat.

Obama sebelumnya telah menerbitkan akte kelahiran versi pendek yang menunjukkan bahwa ia dilahirkan di Hawaii.

Namun ada kelompok kecil yang masih berteori bahwa Obama sebenarnya lahir di negara asal ayahnya, Kenya, sehingga tidak berhak menjadi Presiden Amerika Serikat.

Baru-baru ini orang yang ada kemungkinan bisa menjadi calon dari Partai Republik, pengusaha Donald Trump, menghidupkan kembali tuduhan tersebut.

Obama menyebut langkah Gedung Putih yang belum pernah dilakukan sebelumnya itu sebagai usaha untuk menghilangkan gangguan dalam perdebatan politik Amerika.

“Kita tidak punya waktu untuk hal-hal konyol seperti ini,” kata Obama. “Ada hal yang lebih baik yang harus kami lakukan. Saya memiliki pekerjaan yang lebih penting yang harus saya lakukan.”

“Kita punya masalah yang harus kita selesaikan dan kita harus memusatkan perhatian pada masalah tersebut, bukan pada hal-hal semacam ini.”

Dituduh palsu

Obama mengatakan ia menyaksikan dengan “rasa tidak mengerti” ketika teori mengenai kelahirannya muncul dan berkembang tahun-tahun belakangan ini.

“Kita tidak punya waktu untuk hal-hal konyol seperti ini. Ada hal yang lebih baik yang harus kami lakukan. Saya punya hal lebih baik yang harus saya lakukan.”

Barack Obama

Penerbitan surat kelahiran lengkap Obama, yang selama ini disimpan dalam lemari besi di Hawaii sejak kelahirannya pada bulan Agustus 1961, dilakukan menyusul spekulasi bertahun-tahun di kalangan kelompok konservatif.

Menurut teori itu Obama dilahirkan di Kenya atau Indonesia, tempatnya tinggal ketika kecil, atau bahwa surat kelahiran itu akan mengungkapkan informasi yang sebelumnya tidak diketahui mengenai presiden.

Dalam kampanye kepresidenan tahun 2008 Obama menerbitkan cetakan komputer informasi mengenai surat kelahirannya yang keasliannya dibenarkan oleh para pejabat kesehatan di Hawaii.

Namun tindakan itu tidak meredam sekelompok kecil orang berteori mengenai kelahirannya, bahkan ketika kelompok utama dalam Partai Rebublik berusaha menumpas gerakan itu, dan menyebutnya sebagai penyelewengan dari sengketa politik yang berbobot.

Pada hari Rabu (27/4), Gedung Putih menerbitkan salinan surat kelahirannya yang asli, dengan cap yang menunjukkan bahwa surat itu diterima dari para pejabat Hawaii pada hari Senin.

Surat itu menunjukkan Barack Hussein Obama II lahir pada tanggal 4 Agustus 1961 di RS Kapiolani di Honolulu.

Akte itu juga mencatat nama ayahnya Barack Hussein Obama, seorang mahasiswa berusia 25 tahun, dan ibu Stanley Ann Dunham, 18 tahun, dan ditandatangani oleh dokter yang melahirkannya. (bbc)

Satu Respon

Tinggalkan pesan "Obama Terbitkan Surat Kelahiran Lengkap"