Obama Akan Temui Dalai Lama

Tidak ada komentar 5 views

Dalai Lama

WASHINGTON (suarakawan.com) – Meski mendapat tentangan dari pemerintahan China,  Presiden AS Barack Obama akan bertemu dengan pemimpin spiritual Tibet Dalai Lama pada Sabtu besok, demikian kata para pejabat.

Pertemuan itu diumumkan Jumat malam setelah kebisuan yang panjang dari pemerintahan Obama tentang apakah presiden akan mengunjungi Dalai Lama, yang  Sabtu besok akan meninggalkan Washington setelah hampir dua minggu di Washington memimpin ritual Buddhis.

“Pertemuan ini menggarisbawahi dukungan kuat presiden untuk pelestarian identitas yang unik agama, budaya dan bahasa dan perlindungan hak asasi manusia untuk Tibet,” kata pernyataan dari  Gedung Putih.

“Presiden akan menyoroti dukungan abadi nya untuk dialog antara perwakilan Dalai Lama dan pemerintah Cina untuk menyelesaikan perbedaan,” katanya.

Sejalan dengan pertemuan tahun lalu dengan Dalai Lama, Obama tidak akan mengizinkan wartawan dan akan menyambut pemimpin spiritual di dalam Map Room kediaman Gedung Putih – bukan Oval Office di mana ia menyambut kepala negara.

Dalai Lama, yang menikmati popularitas yang luas di Amerika Serikat, telah tinggal di pengasingan sejak 1959. Dia bilang dia mencari hak-hak untuk damai Tibet dan menerima kekuasaan China.(cna/nas)

Tidak ada Respon

Tinggalkan pesan "Obama Akan Temui Dalai Lama"