Obama Acuhkan Pengacara Soal Peran AS Di Libya

Tidak ada komentar 7 views

barack obama

WASHINGTON (suarakawan.com) – Presiden Barack Obama ditolak dua pengacara senior pemerintah dalam memutuskan bahwa dia memiliki otoritas untuk melanjutkan operasi militer AS di Libya tanpa persetujuan Kongres. Demikian New York Times melaporkan Jumat malam.

Johnson dan Krass mengatakan Gedung Putih mereka percaya bahwa aktivitas militer AS di udara yang dipimpin NATO perang di Libya sebesar “permusuhan.”

Di bawah Resolusi Perang 1973 Powers, seorang presiden memiliki 60 hari untuk mendapatkan otorisasi dari Kongres – yang di bawah Konstitusi AS memiliki wewenang untuk menyatakan perang – untuk penyebaran militer. Gagal itu, Resolusi menetapkan 30 hari lagi untuk menarik pasukan AS dari bahaya.

Namun Obama sepakat dengan dua pengacara pemerintah lainnya atas – penasihat Gedung Putih Robert Bauer dan Departemen Luar Negeri penasehat hukum Harold Koh – yang mengatakan aksi militer AS di Libya tidak menebar permusuhan karena dalam peran dukungan.

Gedung Putih pada Rabu membuat mereka berpartisipasi dalam serangan pimpinan NATO terhadap pasukan Muammar al-Gaddafi dalam sebuah laporan 30-halaman untuk anggota parlemen.

Dokumen ini disusun setelah Ketua DPR Republik John Boehner mengirim surat pedas untuk peringatan presiden bahwa AS akan operasi ilegal pada hari Minggu karena mereka tidak memiliki persetujuan kongres formal.

“Pasukan AS yang memainkan peran terbatas dan pendukung dalam koalisi multinasional,” kata laporan Gedung Putih, mencatat bahwa penggunaan kekuatan sedang digunakan semata-mata untuk melindungi warga sipil, menegakkan zona larangan terbang dan embargo senjata.(ap/nas)

Tidak ada Respon

Tinggalkan pesan "Obama Acuhkan Pengacara Soal Peran AS Di Libya"