Muljanto, Sosok Yang Bersahaja Dan Pekerja Keras

Tidak ada komentar 19 views

Muljanto (Mantan Dirut Bank Jatim)

SURABAYA (suarakawan.com) – Dunia perbankan dan Jawa Timur pasti akan kenal dengan sosok tokoh yang satu ini. Tokoh tersebut adalah Muljanto mantan Direktur Bank Jatim , yang sekarang masih menjabat fungsi strategis di Bank milik daerah ini yakni sebagai Komisaris Utama Bank Jatim

Siapa sangka, Pak Mul-panggilan akrab Muljanto, Pria kelahiran Malang pada 2 Agustus 1953 ini, mengawali karirnya sebagai seorang kasir yang berada ditingkat bawah.

“saya mengawali karier sebagai Bankir dimulai dengan menjadi kasir dulu,” ujar Pak Mul, kepada suarakawan.com, saat ditemui di ruangannya, Kamis sore (26/05).

Karena pengalamannya sebagai seorang kasir itulah yang menjadikan dia piawai dalam menjalankan dan mengelola Bank Jatim hingga menjadi besar seperti sekarang ini.

Kesan ramah, santun dan sering kali mengeluarkan joke-joke lucu yang terlontar, membuat suarakawan.com saat mewawancarainya menjadikan suasana yang santai dan tidak membosankan. Dan yang menarik dalam wawancara dengan Suami dari Erna Hartiningrum adalah sangat serius kalau dia memaparkan tentang semangat belajarnya.

“Mas, tahu pada waktu saya di puncak karier saya masih sempatkan untuk ambil S3 dan itu cita-cita saya sejak kecil,” paparnya.

Maka dengan itu, prinsip Pak Mul ini ditanamkan dalam keluaraga dan para karyawannya di Bank Jatim. Karena itulah, jika ada karyawan Bank Jatim yang akan melanjutkan pendidikan ke jenjang lebih tinggi, dia akan memfasilitasinya.

Sementara itu, selain mempunyai sikap yang diuraikan sebelumnya, sikap yang menjadi catatan penting suarakawan.com adalah dia seorang yang berani dan pandai melihat peluang (Opportunity). Terbukti pada awal tahun 2011 dia memberanikan diri untuk membawa Bank Jatim Go Public melalui kebijakannya melepas saham perdana atau Initial Public Offering (IPO).

Dia menilai pada tahun 2011 ini geliat investasi masyarakat pemodal cukup menghangat dan stabil, maka dengan pertimbangan itu, dia membuat kebijakan IPO setelah melalui berbagai Stakehoulder dan terakhir pada RUPS april 2011.

“Dan ini peluang emas yang harus bisa diraih dengan maksimal IPO ini akan menambah modal untuk Bank Jatim yang akan melakukan ekspansi usaha guna mendukung usaha mikro dan kecil,” terang putra pasangan Moechdi Prawiro dan Twi Ningsih ini.

Hingga saat ini, lanjutnya, perkiraan pencapaian modal saham Bank Jatim berkisar Rp 2,2 triliun , dan dengan perkiraan melepas 25% sahamnya, Bank Jatim akan menyerap Rp 1 triliun modal tambahan.

Dalam menghadapi IPO ini, dia bersusah payah untuk memformulasikan strategi yang kan diterapkan, dengan harapan agar pada saat pembukaan IPO nantinya harga sahamnya tidak anjlok seperti Garuda Indonesia. (jto/nas)

Tidak ada Respon

Tinggalkan pesan "Muljanto, Sosok Yang Bersahaja Dan Pekerja Keras"