Mobil Bung Karno Mejeng Di Taman Bungkul

Tidak ada komentar 23 views

mobil bung Karno

SURABAYA (suarakawan.com) – Setiap kepala negara memiliki mobil kepresidenan sebagai sarana dinas sehari-hari, Indonesia juga mempunyai sejumlah kendaraan kepresidenan, seperti yang dipamerkan di Taman Bungkul, Surabaya dari tanggal 24-29 Juni 2011.

Dari pengamatan suarakawan.com, kendaraan dinas yang dipamerkan adalah kendaraan dinas yang pernah dipakai oleh Presiden RI Pertama Soekarno. Seperti mobil Yanka buatan Rusia tahun 1939 ini digunakan Bung Karno pada masa selepas kemerdekaan.

“Kendaraan berpelat RI 1 ini banyak berjasa karena turut mendukung Presiden Soekarno dalam perjuangan,” kata Ketua PPMKI (Persatuan Penggemar Mobil Kuno Indonesia) Jawa Timur, Eka Budi Santoso kepada suarakawan.com, Sabtu siang (25/06).

Budi menambahkan, Perawatan rutin dilakukan oleh anggota PPMKI untuk bisa menjaga nilai sejarah yang ada. Jika terjadi kerusakan pada onderdil kami akan menggantinya dengan onderdil aslinya.

“Terkadang kita mencari onderdil mobil hingga ke negara asalnya mas,” cetusnya.

Diketahui, Mobil Yanka merupakan mobil jenis Lymosin dengan 8 silinder model V dan kapasitas mesin 5000 cc, selain Yanka Presiden Soekarno juga memiliki beberapa mobil dinas seperti Cadillac 75, GAZ 13, Zil 111 dan Lincoln Cosmopolitan.

Sementara itu, beberapa pengunjung yang melihat pameran ini mengaku kagum dengan masih utuhnya mobil kuno peninggalan sejarah ini.

“Kok masih ada ya mobil yang pernah dipakai Presiden Soekarno,” kata Kiki pengunjung yang berasal dari Sidoarjo ini dengan rasa heran.(Jto/nas)

Tidak ada Respon

Tinggalkan pesan "Mobil Bung Karno Mejeng Di Taman Bungkul"