Militer Jepang Akan Siram Kembali PLTN Fukushima

TOKYO – Operator PLTN Fukushima Daiichi, Tokyo Electric Power Co (TEPCO) mengatakan akan mencoba kembali menyiramkan air pada reaktor unit 3 PLTN Fukushima Daiichi dengan menggunakan helikopter militer Jepang, Kamis (17/3).

Penyiraman air itu sebelumnya telah dilakukan pada Rabu (16/3) kemarin untuk mendinginkan batang bahan bakar reaktor nuklir. Uap putih keluar dari reaktor unit 3 PLTN Fukushima Daiichi diduga karena kolam bahan bakar yang panas sehingga memproduksi uap.

Direktur Jenderal Badan Energi Atom Internasional (IAEA) Yukio Amano akan mengirimkan pakar radiasi nuklir ke Jepang. Terutama, setelah pemerintah Jepang meminta secara langsung bantuan teknis untuk mengatasi kecelakaan di fasilitas reaktor nomor dua di Kompleks PLTN Fukushima. Tim pakar ini akan membantu menyelidiki efek dari radiasi

Para ilmuwan Jepang saat ini juga bertemu di Tokyo membahas masalah pencegahan penyebaran radiasi ke kota. Radiasi terdeteksi sudah sampai di Tokyo.

Sebanyak 140 ribu penduduk dievakuasi dalam radius 20 kilometer dari pembangkit nuklir yang bocor tesebut. Pemerintah Jepang masih fokus mengeluarkan udara dari reaktor nuklir yang rusak akibat tsunami dan gempa berkekuatan 8,9 skala Ritcher. (Reuters/ara)

Tidak ada Respon

Tinggalkan pesan "Militer Jepang Akan Siram Kembali PLTN Fukushima"