Migrant Insititute:Asuransi Krusial Bagi BMI

Tidak ada komentar 8 views

TKI (dok)

SURABAYA (suarakawan.com)-Meski memiliki penghasilan yang cukup besar, kesadaran Buruh Migran Indonesia yang bekerja di Hongkong untuk menabung apalagi memiliki asuransi pribadi cukup rendah.Padahal bekerja di luar negeri juga memiliki resiko yang tak bisa dianggap remeh.

“Masalah asuransi memang masalah yang krusial namun kurang sosialisasi bagi rekan kami BMI di Hongkong ataupun di negara lain,” papar Ali Yasin, aktifis Migrant Institute, Selasa (31/05).

Sebetulnya,  lanjut Ali, mereka sebagai tenaga kerja di Hongkong punya asuransi yang polisnya dipegang oleh majikan. Asuransi itu buat jaga-jaga semisal terjadi kecelakaan kerja.

Hal ini juga dibenarkan oleh Sawiyah, salah satu BMI asal Cilacap yang bekerja di HongKong. Sawiyah mengaku bahwa sebelum berangkat dirinya juga beli asuransi sebesar Rp 400,000 yg dinamakan asuransi pra keberangkatan.

“Sayangnya, selama ini para BMI justru seringkali hanya melompong jika ditanya polis asuransinya. Hal itu dikarenakan tidak transparannya pihak pihak terkait (PJTKI dan sebangsanya) dalam memberi pemahaman pada TKI. Klaimnya juga sangt susah karena yg bersangkutan  atau ahli warisnya tidak memegang polisnya,” imbuh Sawiyah yang juga punya bakat terpendam menulis novel ini.

Menyadari hal tersebut, Sawiyah lantas memutuskan untuk memiliki asuransi pribadi dari perusahaan asuransi terkemuka di Dunia dimana buku polisnya, dipegang oleh keluarganya di Cilacap.

“Jika terjadi resiko pada saya saat di HK, keluarga di rumah pasti mendapat manfaatnya karena mereka memegang buku polis saya. Apalagi asuransi jaman sekarang kan kayak tabungan yang bisa diambil lagi kelak jika saya pensiun,” imbuhnya.

Lebih lanjut, Sawiyah maupun Ali berharap bahwa rekan-rekan BMI yang tengah bekerja di luar negeri mau membuka mata untuk memiliki polis asuransi pribadi.

“Dari 200 ribuan BMI yang ada di HK, saya pikir hanya 10 persen atau bahkan kurang yang sudah sadar arti penting menabung di asuransi. Meski gajinya rata-rata 4 juta perbulan, banyak lho BMI yang kehabisan uang tiap bulan hingga terpaksa harus berhutang,” pungkasnya prihatin. (nas)

Tidak ada Respon

Tinggalkan pesan "Migrant Insititute:Asuransi Krusial Bagi BMI"