Mesir Buka Blokade Ke Rafah

Tidak ada komentar 8 views

Dua Warga Palestina Bertemu Kembali Dengan Keluarganya (AP Photo/Bernat Armangue)

RAFAH (suarakawan.com) – Setelah diblokade selama  empat tahun oleh Mesir,  pada hari Sabtu ini (28/05) Mesir membuka secara permanen gerbang utama Jalur Gaza ke dunia luar.

Dengan dibukanya gerbang ini, maka truk-truk yang membawa bantuan kemanusian dan ditunggu-tunggu oleh penduduk Palestina sudah mulai memasuki wilayah Rafah.

Daerah itu memang dikuasai kelompok militan Hamas .Pembukaan kembali perbatasan Rafah memudahkan 1,5 juta orang dari Gaza bisa bepergian ke luar negeri.

Diketahui,Sejak Israel dan Mesir memberlakukan blokade setelah Hamas menguasai Gaza pada bulan Juni 2007 dan penutupan gerbang utama bersama dengan blokade Israel dari perbatasan dengan Gaza, telah memicu krisis ekonomi di wilayah Palestina ini.

Sementara itu, langkah pembukaan blokade dan gerbang utama dari Mesir pada  hari Sabtu ini (28/05)  menimbulkan ketakutan Israel.

Ketakutan Israel bahwa militan akan dapat bergerak bebas masuk dan keluar dari Gaza.

Terkait dengan ketakutan ini, terbukti ketika militan Hamas dari dalam Gaza menembakkan sebuah mortir ke lapangan terbuka di Israel selatan semalam. Tetapi serangan tersebut tidak ada korban dan Israel tidak menanggapi.(AP/jto/nas)

Tidak ada Respon

Tinggalkan pesan "Mesir Buka Blokade Ke Rafah"