Mereka “Berpuasa” Sejak Empat Tahun Lalu

suasana pasca kebakaran Pasar Turi (dok)

SURABAYA (suarakawan.com) – Mulai hari Senin (01/08) ini, seluruh umat Muslim di Indonesia melakukan ibadah puasa makan minum dan menahan hawa nafsu. Namun ternyata ada yang sudah “puasa” terus menerus sejak empat tahun lalu. Lho, siapa mereka ?

Ya, bagi sebagian besar pedagang Pasar Turi mereka mengaku telah berpuasa sejak tempat mereka mencari nafkah terbakar sejak empat tahun silam dan belum ada kepastian kapan akan dibangun kembali hingga hari ini.

“Semenjak pasar Turi terbakar atau ada yang bilang sengaja dibakar karena persaingan bisnis, penghasilan kami merosot drastis. Hanya sekedar tuk makan sehari-hari saja. Bahkan bisa kurang hingga kami harus berpuasa,” ungkap Kemas, sekretaris Tim Pemulihan Pasar Turi Pasca Kebakaran (TPPTPK).

Bukan hanya terpaksa berpuasa, Kemas menyatakan banyak dampak lain dari terbakarnya Pasar Turi yang harus ditanggung pedagang.Termasuk dampak psikologis. Kemas menyatakan banyak pedagang yang stress karena tak tahu kejelasan soal masa depan Pasar Turi.

“Bahkan ketua kami dahulu yaitu Pak Djoko juga meninggal ditengah perjuangan kapan pasar turi akan dibangun kembali. Sampai kapan pemkot seperti ini terhadap kami,” keluhnya. (jto/nas)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *