Menteri Susi jadi Tokoh Perempuan Paling Dikagumi di Indonesia

JAKARTA (suarakawan.com) – Mantan Presiden B.J. Habibie dan Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti berada di urutan teratas tokoh yang paling dikagumi di Indonesia pada 2018.

Daftar tokoh laki-laki dan perempuan Indonesia yang paling dikagumi ini disusun oleh lembaga survei YouGov dan merupakan bagian dari survei untuk mencari tokoh yang paling dikagumi secara global.

Di Indonesia, untuk tokoh laki-laki, 18,6% responden memilih Habibie mendapat ‘skor kekaguman’ 18,6%, disusul oleh Presiden Joko Widodo (12,4%) disusul oleh mantan Gubernur Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok (8,2%).

Ahok saat ini menjalani hukuman setelah dinyatakan bersalah melakukan penistaan agama.

Tempat keempat diisi oleh Zakir Naik, kemudian bintang film laga asal Hong Kong Jackie Chan, pendiri Microsoft Bill Gates dan pemain Real Madrid, Cristiano Ronaldo.

Kemudian berturut-turut, Barack Obama, David Beckham, Jack Ma, Lionel Messi, dan Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan.

Secara keseluruhan YouGov merilis 25 nama tokoh laki-laki paling populer di Indonesia. Tiga tempat terbawah diisi oleh Xi Jinping, Donald Trump dan PM India, Narendra Modi.

Untuk tokoh perempuan, Susi mencatat ‘skor kekaguman’ 13,7% responden sementara penyanyi Agnez Mo yang berada di posisi dua dengan 8,9%.

Posisi ketiga ditempati oleh Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati dengan 7,9% disusul oleh Tri Rismaharini (7,4%), Angelina Jolie (5,7%), dan Anggun (5,6%).

Yang juga populer di Indonesia dan dikagumi adalah Song Hye-kyo, Oprah Winfrey, Taylor Swift, Gal Gadot, Emma Watson, Selena Gomez, Michelle Obama, Aishwarya Rai, dan ketua umum PDI Perjuangan, Megawati Sukarnoputri.

Untuk global, papan atas tokoh laki-laki yang paling dikagumi diisi oleh Bill Gates, Barack Obama, Jackie Chan, Xi Jinping, Jack Ma, Vladimir Putin, Dalai Lama, Narendra Modi, Amitabh Bachan, dan Cristiano Ronaldo.

Sedangkan untuk tokoh perempuan global, mereka yang berada di papan atas adalah Angelina Jolie, Michelle Obama, Oprah Winfrey, Ratu Elizabeth II, Hillary Clinton, Emma Watson, Malala Yousafzai, Angela Merkel, Taylor Swift, dan Madonna.(bbc/rur)

YouGov melakukan jajak ini di 35 negara dengan mewawancarai tak kurang dari 37.000 orang.

Lembaga ini melakukan survei dua tahap. Yang pertama mewawancarai panel dari 35 negara. Dari sini di dapat 20 tokoh laki-laki dan perempuan yang dinominasikan untuk masuk daftar.

Tidak ada Respon

Tinggalkan pesan "Menteri Susi jadi Tokoh Perempuan Paling Dikagumi di Indonesia"