Menteri Keuangan G20 Akhiri Pertemuan Hari Pertama

MEXICO CITY (suarakawan.com) – Para menteri keuangan dan gubernur bank sentral dari negara-negara kelompok G20 sepakat membahas diperbesarnya kapasitas peminjaman Dana Moneter Internasional (IMF) sebelum pertemuan berikutnya di bulan April diadakan, dengan syarat Eropa mengambil langkah-langkah lanjutan.

Pembahasan hari pertama hari Sabtu di kota Mexico berfokus pada kekhawatiran kredit di Eropa. Negara-negara anggota mendukung kemajuan yang tercapai saat ini dalam menangani masalah tersebut dan memuji keputusan menyediakan bantuan tambahan kepada Yunani.

Mereka juga menyerukan langkah-langkah lebih jauh lagi untuk menangani krisis itu seperti semakin memperkuat kerangka kerja yang mengizinkan negara zona mata uang euro untuk mendukung anggota lainnya saat menghadapi kesulitan fiskal.

Menteri Keuangan Jepang Jun Azumi setelah pertemuan tersebut menyatakan kepada para wartawan ia berharap kekhawatiran kredit Eropa ini akan selesai sebelum April, dan pembahasan mengenai perluasan kapasitas peminjaman IMF akan membuat kemajuan.

Kenaikan harga minyak mentah yang cepat yang terkait dengan situasi di Iran juga dibahas sebagai kekhawatiran bagi ekonomi dunia. Arab Saudi menyatakan pihaknya siap memasok minyak secara memadai.(NHK/jto)

 

Tidak ada Respon

Tinggalkan pesan "Menteri Keuangan G20 Akhiri Pertemuan Hari Pertama"