Menteri Kelautan dan Perikanan Resmikan BBKI di Sidoarjo

menteri kelautanSIDOARJO (suarakawan.com) – Untuk meningkatkan kualitas ekspor ikan dari Jawa Timur ke berbagai negara, Dinas? Kelautan dan Perikanan mendirikan Balai Besar Karantina Ikan (BBKI) di daerah Pasar Puspa Agro yang ada di Desa Jemundo, Kecamatan Taman Kabupaten Sidoarjo.

Untuk itu, Dinas Perikanan mengundang Menteri Kelautan dan Perikanan RI Syarif Cicip Sutarjo, beserta Gubernur Jawa timur Sukarwo atau yang akrab dipanggil dengan Pakde Karwo dan Bupati Sidoarjo Syaifull Illah melakukan peresmian bangunan yang baru selesai tersebut.

Menurut? Syarif , dengan adanya BBKI? yang baru diselesaikan pembangunannya oleh pihak Dinas Perikanan dan Kelautan propinsi? Jawa Timur ini, diharapkan agar peningkatan kualitas ikan yang hendak di ekspor ke berbagai negara di luar negeri bisa mengalami peningkatan.

“Alhamdulillah di daerah Jawa Timur ini sudah ada dua yang dijadikan sebagai tempat karantina ikan. Dengan begitu kami berharap agar ada peningkatan kualitas ikan serta peningkatan ikan yang hendak di ekspor ke luar negeri. Pasalnya dari pihak beberapa negara memang memiliki kriteria sendiri-sendiri untuk bisa menerima ikan yang berasal dari Indonesia. Untuk itu, hendaknya Balai Besar Karantina Ikan yang ada di Desa Jemundo ini bisa semaksimal mungkin bisa menyeleksi ikan-ikan yang hendak dikirimkan nanti,” ujar Syarif Cicip Sutarjo, Rabu (03/09)

Selain untuk meningkatkan kualitas ikan yang hendak di ekspor ke berbagai negara tersebut.

BBKI? ini juga dijadikan sebagai tempat labarotorium untuk menyelidiki beberapa penyakit ikan dan virus ikan yang ada di wilayah Propinsi Jawa Timur.

“Seluruh ikan hasil tangkapan yang berasal dari perairan yang ada di wilayah propinsi Jatim akan kami periksa terlebih dahulu sebelum dikirim ke berbagai daerah. Karena jangan sampai ada warga Jatim yang terkena racun akibat mengkonsumsi ikan. Untuk itu tempat ini juga dijadikan sebagai tempat penelitian tentang beberapa virus atau penyakit ikan barangkali ada yang kita temukan,” ucapnya.

Sementara itu, kedatangan Syarif? di wilayah Sidoarjo ini juga mendapat pengawalan dari aparat kepolisian dan anggota TNI. Hal itu dilakukan agar peresmian gedung baru yang diresmikan oleh?Syarif bisa berjalan lanjar dan aman. (dik/era)

Tidak ada Respon

Tinggalkan pesan "Menteri Kelautan dan Perikanan Resmikan BBKI di Sidoarjo"