Mensos: Pers Berperan Menginspirasi dan Memajukan Bangsa

PADANG (suarakawan.com) – Menteri Sosial Idrus Marham mengatakan pers nasional memiliki peran besar dalam menginspirasi dan memajukan bangsa Indonesia.

“Hari ini publik membaca berita tentang bantuan sosial yang diperluas jangkauannya, pembangunan infrastruktur hingga pelosok desa, pembagian sertipikat tanah untuk rakyat, juga gerak cepat pemerintah atasi KLB Campak dan Gizi Buruk di Asmat. Melalui pers inilah wajah Indonesia dilihat, melalui pers kabar baik tentang negeri ini disebarluaskan hingga ke mancanegara,” terang Mensos saat menghadiri Hari Pers Nasional yang berlangsung di Padang, Sumatera Barat, Jumat (9/2).

Mensos mengatakan salah satu tugas pers adalah memotret fakta sesuai realitas yang ada di lapangan, kemudian menyajikannya kepada publik. Kabar baik tentang pembangunan hingga ke pinggiran dan pulau terluar, kisah masyarakat yang merasakan manfaat pembangunan inilah yang menumbuhkan inspirasi bagi siapa saja yang membacanya.

Idrus menyontohkan dalam kasus penanganan kasus KLB Campak dan Gizi Buruk di Asmat, media mengungkap fakta, kemudian secara berimbang mewartakan upaya yang dilakukan pemerintah mengatasi KLB. Hingga berhari-hari isu ini bergulir yang menjadi sebuah gerakan dan kesadaran publik untuk membantu sesamanya.

“Dari pemberitaan media, publik membaca. Dari pemberitaan media, publik bersikap. Maka idealnya pemberitaan juga harus dengan sungguh sungguh memberi porsi pada fakta keberhasilan, fakta prestasi, fakta solidaritas anak bangsa dalam rangka membangkitkan kemajuan bangsa,” katanya.

Kepada insan pers, Mensos berpesan untuk terus menjaga semangat perjuangan untuk mewartakan kebenaran dan menyuarakan kisah-kisah inspiratif anak bangsa.

“Pers pada hakekatnya rumah inspirasi. Saya rasa sekarang saatnya memperkaya syiar pers dengan aneka inspirasi, sehingga masyarakat memperoleh pemberdayaan pemikiran,” katanya.

Mensos Idrus Marham berada di Sumatera Barat dalam rangka kunjungan kerja dan mendamping Presiden Joko Widodo menyalurkan bantuan sosial Program Keluarga Harapan (PKH) dan Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) di Kabupaten Dharmasraya dan Kabupaten Solok, serta menghadiri acara puncak Hari Pers Nasional di Kota Padang. Di sela-sela kunjungan kerja tersebut, Mensos juga bersapa dengan sejumlah Pemimpin Redaksi media massa dan para jurnalis baik online, cetak, maupun televisi.(aca/rur)

Tidak ada Respon

Tinggalkan pesan "Mensos: Pers Berperan Menginspirasi dan Memajukan Bangsa"