Mengenal Lebih Dekat Profil Tiga Calon Deputi Gubernur BI

bi

JAKARTA (suarakawan.com) – Komisi XI Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR RI) diagendakan melakukan uji kepatutan dan kelayakan (fit and proper test) untuk para calon deputi gubernur Bank Indonesia (DGBI) menggantikan Deputi Gubernur Bank Indonesia Halim Alamsyah, Senin (20/4) ini.

Setidaknya ada tiga calon yang dijadwalkan ikut dalam fit and proper test perdana ini. Ketiga calon yang dimaksudkan ialah Dody Budi Waluyo yang saat ini menjabat sebagai Kepala Departemen Manajemen Strategis dan Tata Kelola, Erwin Rijanto menjabat sebagai Kepala Departemen Kebijakan Makroprudensial, dan Hendy Sulistiowati menjabat sebagai Kepala Departemen Statistik.

Dody Budi Waluyo lahir di Jakarta pada 1961. Pendidikan Ekonomi Studi Pembangunan dijalaninya pada 1980, hingga memperoleh gelar dari Universitas Indonesia. Pada 1995, Dody melanjutkan pendidikan di University of Colorado, USA, hingga meraih gelar Master. Sejak berkarier di Bank Indonesia pada 1988, Dody telah menunjukkan prestasi yang gemilang.

Di dalam Bank Indonesia, beberapa jabatan yang pernah diduduki oleh Dody antara lain sebagai Kepala Departemen Kebijakan Ekonomi dan Moneter serta Kepala Departemen Perencanaan Strategis dan Hubungan Masyarakat. Saat ini, Dody menjabat sebagai Kepala Departemen Manajemen Strategis dan Tata Kelola.

Erwin Rijanto lahir 1958, di Yogyakarta. Di kota tersebut Erwin juga menempuh pendidikan S1 di bidang ekonomi, hingga meraih gelar pada 1983 dari Universitas Gadjah Mada. Erwin kemudian melanjutkan pendidikannya dalam bidang ekonomi, hingga meraih gelar master dari University of Illinois, USA.

Kerier di Bank Indonesia mulai ditekuni Erwin sejak 1985. Saat ini, Erwin menjabat sebagai Kepala Departemen Kebijakan Makroprudensial, setelah sebelumnya menjadi Kepala Departemen Surveillance Sistem Keuangan, yang dijabat sejak 2013. Erwin memiliki karier yang panjang dan cemerlang di Bank Indonesia khususnya pada bidang perbankan, baik dari sisi penelitian maupun pengawasan.

Hendy Sulistiowati lahir pada 1959 di Surabaya. Gelar sarjana dalam bidang Ekonomi Studi Pembangunan dari Universitas Gadjah Mada diraihnya pada 1984. Hendy kemudian melanjutkan pendidikan di University of Michigan Ann Arbor USA, hingga meraih gelar master dalam Applied Economic pada 1991.

Hendy mulai berkarier di Bank Indonesia pada 1985, dan telah dipercaya memegang berbagai posisi penting. Jabatannya saat ini adalah sebagai Kepala Departemen Statistik. Sebelumnya, Hendy antara lain pernah menjabat sebagai Asisten Direktur Departemen Kebijakan Moneter dan Direktur Departemen Luar Negeri. (mtv/rur)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *