Mendiknas: Kebocoran Soal UN Mudah Ditelusuri

Tidak ada komentar 10 views

JAKARTA – Menteri Pendidikan Nasional Mohammad Nuh menjamin, kebocoran soal Ujian Nasional (UN) 2011 jenjang SMA/SMK/ MA akan mudah ditelusuri, karena ada kode khusus. Bisa diketahui pula soal yang bocor soal asli atau bukan.

Nuh mengatakan, percetakan merupakan salah satu titik rawan kebocoran soal UN. Untuk mengantisipasi kemungkinan bocor, pada setiap soal telah dibubuhkan kode khusus yang hanya diketahui orang-orang tertentu dari Kementerian Pendidikan Nasional, pengawas, dan percetakan.

“Jika ada soal yang bocor, mudah ditelusuri karena ada kode khusus. Bisa diketahui pula soal yang ‘bocor’ soal asli atau bukan. Yang penting masyarakat jangan terjebak spekulasi bahwa ada soal bocor,” kata Nuh usai rapat komite pendidikan di Istana Wapres, Jakarta, Senin (11/4).

Selain antisipasi kebocoran soal, juga dilakukan antisipasi kecurangan melalui lima tipe soal dengan tingkat kesulitan sama. Dari 20 siswa dalam satu ruang kelas, hanya akan ada empat siswa yang mengerjakan soal yang sama.

“Ini semata-mata untuk meningkatkan kredibilitas UN. Teknis pengaturan soalnya random,” kata Nuh.

Untuk diketahui, proses pencetakan soal UN jenjang SMA/SMK/MA telah selesai dan siap didistribusikan sehari sebelum pelaksanaan ujian nasional (UN) 2011, yakni mulai 18 April mendatang. (KCM/ara)

Tidak ada Respon

Tinggalkan pesan "Mendiknas: Kebocoran Soal UN Mudah Ditelusuri"