Mendeteksi Penyakit dari Bau Mulut

JAKARTA (suarakawan.com) – Hampir setiap orang yang memiliki permasalahan dengan bau mulut akan merasa kurang percaya diri saat harus berkomunikasi dengan orang lain. Kadangkala Anda tak akan merasa bahwa mulut Anda bau, namun setelah beberapa teman menutup hidung saat Anda berbicara, maka gangguan ini tak bisa dikatakan sederhana.

Terdapat beberapa ciri-ciri yang bisa Anda amati sendiri untuk mengetahui gangguan mulut bau. Yaitu air liur yang mengental, mulut terasa kering dan rasa tidak nyaman saat berbicara. Keadaan ini biasanya terjadi saat Anda baru saja bangun tidur atau saat berpuasa. Bau mulut yang demikian merupakan bau mulut yang bersifat normal.

Banyak hal yang bisa menjadi penyebab bau mulut, yaitu faktor fisiologis yang bersifat normal, seperti mulut kering dan faktor patologis yang disebabkan oleh penyakit lain. Keadaan gigi dan mulut seseorang memang menjadi penyebab paling umum pada gangguan ini. Misalnya akibat terjadi pembusukan pada akar-akar gigi, caries gigi yang kemudian menjadi sarang kuman, kebiasaan merokok dan minum alkohol.

Salah satu cara paling mudah untuk mengatasi bau mulut akibat gangguan pada gigi dan mulut adalah dengan menjaga kebersihan mulut, yakni dengan menggosok gigi secara teratur dan menggunakan obat kumur untuk membantu menghilangkan sisa makanan yang tidak bisa dijangkau sikat gigi. Selain itu, Anda juga bisa mengunjungi dokter gihi dan menuntaskan masalah gigi berlubang atau membersihkan pembusukan pada akar gigi.

Lain halnya dengan bau mulut yang disebabkan akibat penyakit lain. Untuk yang satu ini Anda benar-benar harus waspada. Sebab, bau mulut terkadang merupakan sebuah bentuk manifestasi penyakit lain yang serius. Bahkan bau mulut juga bisa menjadi salah satu cara untuk membantu mendiagnosa sebuah penyakit. Seperti gangguan fungsi ginjal yang akan mengeluarkan bau mulut yang khas yaitu berbau apel masam, sakit maag dengan bau seperti bau keju, atau bau darah busuk untuk membantu mendiagnosa penyakit tuberculosis.

Bau mulut yang disebabkan oleh suatu penyakit tidak bisa diatasi dengan menjaga kesehatan mulut saja, namun Anda juga harus menuntaskan pengobatan atau penanganan penyakit yang menyebabkan bau mulut.(bs/rur)

Tidak ada Respon

Tinggalkan pesan "Mendeteksi Penyakit dari Bau Mulut"