Media Online "suarakawan.com" mengutamakan profesional, integritas, keberagaman serta menyajikan dan melayani kepuasan pembacanya maupun kepercayaan|| Mahal Itu Pilihan! Berarti Berkualitas & Puas || Semangat dalam menjalankan tugas merupakan ciri khas karakter bangsa indonesia yang mau berjuang & bekerja keras dari berbagai aspek kehidupan terutama dalam menjaga keutuhan negara dan rakyat Indonesia. Mari menyongsong dan menatap hari esok dengan menjalankan amanat cikal bakal negara RI serta Rakyat Indonesia atas Pancasila & UUD 1945 Asli & Sungguh2 Bukan Selalu Menjadi Penindasan kepada Rakyat...|| Suarakawan.com memberikan kemudahan & pelayanan buat pembaca dari berbagai lapisan dengan bahasa di seluruh dunia.||

Menag Tegaskan Visa dan Paspor Jemaah Haji Kloter I Sudah Siap

22 Jul 2017 // 20:22 // Berita & Suara Haji, HAJI, HEADLINE

haji

JAKARTA (suarakawan.com) – Para calon jemaah haji Indonesia tengah bersiap-siap untuk menunaikan ibadah haji di tanah suci, Mekkah. Pemberangkatan gelombang pertama penerbangan calon jemaah haji itu akan dimulai pada 28 Juli mendatang.

Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin mengatakan seluruh dokumen perjalanan yakni visa dan paspor untuk para jemaah di kloter pertama yang terbang pada 28 Juli mendatang sudah siap. Sebelumnya, seperti dikutip dari situs Kemenag, Plt Dirjen Penyelenggaraan Haji dan Umrah (PHU) Nur Syam mengatakan hingga 19 Juli lalu jumlah visa dan paspor yang telah diurus mencapai 80 persen. Dia pun menjanjikan untuk jemaah gelombang pertama visa dan paspornya selesai pekan ini.

“Jadi yang memberi visa adalah Kemendagri Saudi Arabia dan Kemenlu. Kita mengirim data para jemaah haji kita, informasi itu secara paket melalui online ke mereka lalu diproses dan dikeluarkan visanya. Karena ini online jadi bisa sangat cepat kalau tak ada kendala teknis,” kata Lukman saat ditemui di kawasan Ancol, Jakarta, baru-baru ini.

Lukman pun mengatakan saat ini pihaknya berkonsentrasi untuk menyelesaikan pengurusan dokumen perjalanan itu. Terutama gelombang pertama setelah kloter I terbang ke Arab Saudi.

Selain dokumen perjalanan, Kemenag juga terus mempersiapkan fasilitas dan sarana serta prasarana untuk jamaah haji Indonesia. Menurut Lukman, saat ini persiapan untuk menunjang hidup jemaah haji selama beribadah sudah mendekati 100 persen.

“Seluruh hotel-hotel baik di Mekah, Madinah, juga perusahaan katering sudah kita kontrak dan pada dasarnya sudah siap. Transportasi lokal yang akan membawa jemaah kita dari Mekah ke Madinah dan sebaliknya, Jeddah ke Mekah dan sebaliknya, termasuk bus shalawat (bus khusus transportasi penginapan – masjidil Haram untuk jemaah Indonesia),” katanya.

Mulai 27 Juli mendatang, calon jemaah haji gelombang pertama sudah diminta masuk asrama di masing-masing daerah. Di sana layanan di embarkasi akan dibuka sebelum penerbangan dimulai sejak 28 Juli 2017. Adapun di asrama tersebut, pelayanan meliputi persiapan akomodasi, cek kesehatan, transportasi,city check in, bagasi dan transit jemaah.

Nur Syam menyatakan total ada 102 ribu jemaah yang akan diterbangkan ke Arab Saudi pada gelombang pertama yaitu 28 Juli-11 Agustus 2017. Adapun total kuota jemaah haji reguler INdonesia pada tahun ini adalah 204 ribu orang.

Setelah penerbangan gelombang pertama rampung pada 11 Agustus, gelombang kedua akan diterbangkan ke Arab kurun waktu 12-26 Agustus 2017. (cnn/rur)

Artikel Terkait

Tinggalkan Komentar Anda


  • Terkini