Melongok Prestasi SMAN 2 Jombang

IMG_20160106_151121

JOMBANG (suarakawan.com) – Sekolah berfungsi sebagai tempat transfer pengetahuan (knowledge transfer), transfer nilai (value transfer), juga berfungsi mempertahankan dan mengembangkan tradisi dan budaya-budaya luhur dalam suatu masyarakat melalui proses pembentukan kepribadian (in the making personality processes) sehingga menjadi manusia dewasa yang mampu berdiri sendiri di dalam kebudayaan dan masyarakat sekitarnya. Demikian diungkapkan Wawang Hoetawarman, selaku Kepala Sekolah SMAN 2 Jombang.

Nyaman dan teduh terasa begitu masuk area sekolah yang menjadi salah satu SMA terbaik di Indonesia.  Keramahan siswa maupun pendidik menambah kelengkapan piagam dan piala yang terpampang di salah satu ruangan kepala sekolah. 

Di dalam ruangannya suarakawan.com banyak dijelaskan satu persatu berbagai piagam penghargaan dan prestasi lainnya oleh Wawang Hoetawarman yang mulai memimpin sekolah ini bulan April 2015.
Berbagai penghargaan banyak diraih oleh sekolah yang dipimpinnya. Juga beberapa pihak dari dalam maupun luar negeri  seperti  kerjasama dengan Universitas new south wales Australia dalam peningkatan belajar di bidang matematik, sciense dan bahasa inggris telah terjalin dan salah satu siswanya masuk 10 terbaik.

Penghargaan dari Menteri Pendidikan Anis Baswedan tanggal 21 desember 2015 sebagai sekolah yang berintregitas di dalam penyelenggara ujian nasional. 

Peraih karya ilmiah terbaik di vietnam tentang lingkungan hidup yang diadakan oleh global youth summit 2015, juara 1 karya ilmiah terbaik se Indonesia kementrian agama 2015 dan prestasi lainnya.

Ketika suarakawan menanyakan tugas dan tanggung jawab apa saja yang harus dilakukan oleh seorang Kepala Sekolah sehingga visi dan misi tercapai. Wawang Hoetamarwan pun memaparkan bahwa Kepala Sekolah sebagai pendidik dan manajer di sekolah mempunyai peran yang sangat strategis dalam meningkatkan mutu pendidikan disekolah, dan lingkungan sekitarnya. Tugas dan tanggung jawab kepala sekolah sangat penting sehingga, kepala sekolah harus memiliki kompetensi dan kreativitas tinggi untuk dapat mengemban tugas tersebut.

Di samping itu Kepala Sekolah harus memiliki kemampuan manajerial yang unggul dalam melaksanakan tugas sesuai dengan kompetensinya, memiliki kepribadian terpuji dan memiliki pemahaman wawasan pendidikan yang utuh untuk meningkatkan mutu pendidikan sertamampu memberi manfaat bagi lingkungan pada khususnya dan masyarakat luas pada umumnya. (wan/rur)

Tidak ada Respon

Tinggalkan pesan "Melongok Prestasi SMAN 2 Jombang"