Melongok Perayaan Idul Fitri di Berbagai Belahan Negara

JAKARTA (suarakawan.com) – Hari raya Idul Fitri di Indonesia selalu membawa nuansa yang meriah, mulai dari harum ketupat, takbir berkumandang, irama bedug, hingga dentum petasan selalu mewarnai datangnya momen yang fitri itu.

Namun umat muslim di penjuru dunia memiliki tradisinya masing-masing dalam merayakan Idul fitri.

Berikut adalah perayaan hari raya Idul Fitri di berbagai penjuru dunia.

Suasana Idul Fitri di India layaknya di tempat lain, berkumpul dengan keluarga dan berderma adalah inti di hari yang fitri ini. Makanan khas saat merayakan momen Idul Fitri di India adalah meethi seviya atau sejenis mi yang manis.

Salah satu lokasi yang tepat untuk melihat perayaan Idul Fitri di India adalah New Delhi. Di tempat ini banyak warung makanan yang sengaja beroperasi.

Turki

Jika di Indonesia Idul Fitri akrab disebut lebaran, maka Turki menyebutnya dengan ‘Bayram’. Inti acara Bayram adalah para orang tua menyambut kedatangan anak muda, kemudian memberikan permen atau hadiah kecil lainna. Sekilas mirip dengan perayaan Halloween di Amerika Serikat.

Cobalah berkunjung ke Antalya di pesisir selatan, di sana ada sebuah kawasan kota tua atau yang biasa disebut Kaleci. Selain menikmati suasana Idul Fitri, pemandangan kota tua yang terletak di antara pegunungan dan pantai akan memberikan sensasi tersendri.

Arab Saudi

Suasana Idul Fitri dan bulan Ramadan di Ara Saudi tidak jauh berbeda, kemeriahan terasa di setiap penjuru. Hadiah adalah hal yang lumrah diberikan oleh pendduk Arab Saudi kepada siapapun, entah itu keluarga atau orang asing.

Untuk menikmati suasana lebaran yang meriah, coba kunjungi Jeddah. Laut Merah menjadi lokasi yang ideal untuk melihat perayaan Idul Fitri di tempat ini, karena beragam acara digelar di sini.

Mesir

Idul Fitri di Mesir adalah perayaan yang dilakukan oleh semua orang, khususnya di kota besar seperti Kairo. Tradisi bagi-bagi uang kepada anak kecil pun juga ada di Mesir, namanya adalah Eidyah.

Jika sudah mendapatnya uang, biasanya anak-anak akan pergi ke taman bermain atau tempat-tempat keramaian lainnya. Makanan khas yang akan berseliweran di Mesir adalah kue kakh, sup lentil, mahshi, dan molokhia.

Lebanon

Negaya yang dijuluki ‘Parisnya Timur Tengah’ ini menjadi makin trendi dan modis saat hari raya Idul Fitri. Biasanya para keluarga bepergian ke sebuah acara dengan pakaian baru yang necis.

Di Beirut, Idul Fitri lekat dengan beragam perayaan seperti konser, menikmati matahari terbenam di puncak gedung, hingga memanjakan anak-anak.(ant/rur)