Megengan, Harga Pisang Naik 2 Kali Lipat

Tidak ada komentar 5 views

pisang

SURABAYA (suarakawan.com) – Tidak hanya harga sembako yang naik menjelang bulan suci ramadhan  di Jawa.  Memasuki  momen tradisi megengan menyambut bulan suci ramadhan, harga buah pisang naik dua kali lipat. Dan untuk pertama kalinya harga  buah pisang mencapai harga seratus ribu rupiah.

Seperti yang terjadi di pasar tradisional Soponyono, Rungkut, Surabaya. Harga buah pisang menjadi selangit. Menurut Subhan, salah satu pedagang pisang, buah pisang raja misalnya pertandanya kini mencapai 100 ribu rupiah.  Padahal di hari biasa harga pisang raja ini hanya berkisar 50 ribu rupiah.

Tak hanya pisang raja,  harga beberapa jenis pisang lain seperti pisang ambon dan pisang susu juga mengalami kenaikan. Pisang ambon yang biasanya dijual 50 ribu pertandan kini naik menjadi 100 ribu rupiah, sedangkan pisang susu  dari 40 ribu rupiah pertandan menjadi 80 ribu rupiah pertandannya.

“Pokoknya semua pisang 1 tandannya itu naik dua kali lipat, mas.  Soalnya sudah banyak permintaan. Biasanya dipakai buat pegengan. Tapi kalau sudah memasuki pertengaan bulan ramadhan sudah normal lagi.” Terang Subhan, Jumat (22/07).

Sementara menurut para pedagang pisang, melejitnya harga pisang ini terjadi sejak satu minggu belakangan ini. Kenaikan ini dikarenakan factor sulitnya mendapatkan pasokan dari petani pisang yang kebanyakan datang dari daerah Lumajang dan situbondo. Selain itu pisang juga dipakai untuk selamatan menjelang bulan suci ramadhan yang biasa disebut dalam tradisi jawa megengan.

Dengan naiknya harga pisang ini, ternhyata membawa berkah bagi para pedagang pisang. Pasalnya dengan kenaikan ini pedagang mendapat keuntungan sekitar 20% dari hari biasanya. (bs/nas)

Tidak ada Respon

Tinggalkan pesan "Megengan, Harga Pisang Naik 2 Kali Lipat"