Mega Proyek Umbulan Habiskan Dana Rp 2 T

Tidak ada komentar 10 views

wagub Sayfulah Yusuf saat mencoba air umbulan

SURABAYA (suarakawan.com) – Pembangunan mega proyek umbulan yang terlek di Kabupaten Pasuruan yang dikerjakan oleh pihak Provinsi Jawa Timur telah menghabiskan dana sebesar Rp 2 Triliun.

Hal ini ditegaskan oleh Wakil Gubernur Jatim, Syaifullah Yusuf saat ditemui usai memimpin rapat di Ruang Kerja Wagub, Selasa (05/07).

Dikatakannya, proses lelang sudah berjalan dan sudah ada 12 peserta lelang yang lolos. Tahap selanjutnya telah memasuki proses penyanggahan prakualifikasi dari yang telah diumumkan 12 pemenangnya.

“ Jadi rapat ini membahas untuk mengevaluasi keikutsertaan Kota Pasuruan dimana sumber umbulan berada. Kemudian yang perlu diketahui, pada 2011 Pemerintah pusat telah mengucurkan dana Rp 12 Miliar untuk perbaikan infrastruktur sekaligus keperluan-keperluan yang dibutuhkan masyarakat dalam pembangunan proyek Umbulan di Pasuruan,” ujarnya.

Seperti diketahui, rencana distribusi pembagian air Umbulan sebagai berikut, Kota Pasuruan mendapatkan suplay jatah 110 liter/detik, Kabupaten Pasuruan 420 liter/detik, untuk Kebutuhan Pasuruan Industrial Estate Rembang (PIER) 100 liter/detik, Sidoarjo 1.370 liter/detik, Surabaya 1.000 liter/detik dan Gresik 1.000 liter/detik.

Kemudian dari perhitungan sementara, harga jual investor kepada Pengelola Daerah Air Bersih (PDAB) sekitar Rp 1.250-1.500/meter kubik. Nantinya, air Umbulan yang didistribusikan di lima daerah ini mampu mencukupi kebutuhan air bersih untuk sekitar 500.000 rumah tangga, atau sekitar 2 juta warga. (aca/nas)

Tidak ada Respon

Tinggalkan pesan "Mega Proyek Umbulan Habiskan Dana Rp 2 T"