Mau Mudik,Awasi 8 Titik Macet di 3 Jalur Utama

Kompol Made

SURABAYA (suarakawan.com) – Masyarakat yang akan melakukan perjalanan mudik,sudah seharusnya mewaspadai himbauan dari pihak Direktorat Lalu Lintas (Ditlantas) Polda Jatim.

Pihak Polda Jatim telah mengidentifikasi 8 titik rawan macet yang tersebar di 3 jalur utama, pantai utara (pantura), tengah dan jalur selatan.

“Kawasan tersebut harus diwaspadai bagi para pengguna jalan yang akan melakukan perjalanan mudik, khususnya yang mengunakan roda dua ,” ujar Kasi BPKB Ditlantas Polda Jatim Kompol Gede,(Senin,08/08).

Sementara itu menurut  Dirlantas Polda Jatim, Kombes Pol Sam Budi Gusdian pihak Ditlantas Polda Jatim dalam rangka mengantisipasi arus mudik-balik akan menggelar Operasi Ketupat Semeru (OKM) 2011.

Diharapkan, dengan diterapkannya OKM akan menciptakan rasa aman,nyaman dan tertib lalu lintas saat momentum arus mudik-balik tersebut.

“8 lokasi rawan macet tersebut antara lain di Surabaya, Lamongan, Gresik, Sidoarjo, Pasuruan, Jombang termasuk kawasan segitiga Jombang, Kediri, Nganjuk dan Malang,”ujar Sam melalui selulernya.

Alumni Akpol ’86 ini menambahkan dari kedelapan titik macet tersebut terinci di pintu masuk Jembatan Suramadu dan sepanjang Jl Kedung Cowek Surabaya. Selain itu, di Sidoarjo perlu mewaspadai kemacetan di Jl Raya Porong, Bundaran Waru – laying Waru – Bandara Juanda – Aloha – Gedangan dan Jl Raya Pasar Krian. Sedangkan, di Gresik para pemudik perlu berhati-hati ketika melintas di Simpang Empat Duduk Sampean.

Untuk lokasi rawan macet di Lamongan tersebar di titik Km 55,20 Desa Sukodadi, Km 65,10 Desa Babat, Km 70 Desa Paciran, Jl Raya Turi Kebonsari Sukoadi dan Jl Raya Banaran Babat khususnya di komplek Wisata Bahari Lamongan(WBL).

Kemudian di Jl Raya Mojoagung Jombang termasuk Jl Raya Mengkreng di pertemuan segitiga Kediri, Jombang dan Nganjuk serta dua jalan di penggalan Jl Singosari dan Jl Lawang.

“Ada lagi di Jl Simpang Tiga di Pasar Nguling, Simpang Tiga Pasar Ngopak Rejoso di alun-alun timur Bangil, Simpang Tiga Pasar GD Legi Beji, Simpang Tiga Kejapanan, Simpang Tiga Gempol, Simpang Empat Pasar Pandaan, Simpang Tiga Pasar Purwosari an Simpang Tiga Pasar Wonorejo,” tegas Sam.

Untuk meminimalisir kemacetan ini,maka pihak Dit Lantas Polda Jatim akan mendirikan 357 pos yang tersebar di seluruh Jatim. Mereka akan berjaga di pos sesuai dengan kewilayahan dan tugas masing-masing personel. Pos-pos tersebut, 6 diantaranya ditempatkan di perbatasan Jatim dengan sandi Pos Simpatik Operasi Ketupat Semeru 2011, 254 pos PAM dan 97 buah pos pantau.

“Tahun ini inovasi pos-pos tersebut juga dengan mengunakan masjid-masjid atau kita sebut dengan program Masjid Bintang,”kata Kombes Pol Sam Budi.(Wis/nas)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *