Masuk 10 Nominasi Video Inspiratif

Tidak ada komentar 4 views

SURABAYA (suarakawan.com) – Film Dokumenter  “Cuma Makan” menjadi film yang banyak menyita perhatian penonton di BIOSKOP REMAJA yang diadakan di Aula Student Center Kampus A Unair. Penonton seakan disadarkan bahwa kegiatan makan saja, memiliki banyak tradisi yang berbeda dari setiap suku di Indonesia.

Film dokumenter karya Sobat Muda Percik ini menceritakan 3 anak kos yang akan makan malam bersama bapak kosnya yang berasal dari Jawa. Ketiga, anak kos ini berasal dari daerah yang berbeda yakni Batak, Ambon dan Betawi. Sebelum makan malam berlangsung, masing-masing pemuda mengingat pesan orang tua-nya. Orang Jawa kalau makan harus rapi, tidak boleh bicara, piring tidak boleh diangkat, dan tidak boleh mengambil dulu sebelum yang lebih tua sudah mengambil makanan.

Dan ternyata, bapak kos yang mereka bayangkan memiliki unggah-ungguh diatas sangat berbeda kepribadiannya. Dalam kegiatan makan tersebut. Bapak kos mengenakan kaos dalam, sarung, dan ketika makan, piring diangkat, serta makan sambil bicara.

Pesan yang ingin disampaikan pembuat film adalah seharusnya bagaimanapun perbedaannya dalam tradisi, tidak seharusnya disamakan. Karena perbedaan bukan disamakan, tapi disatukan. Dan tidak untuk mendiskreditkan suku tertentu.

Meski secara teknis pembuatan tersebut masih tergolong amatir, namun Film berdurasi 7 menit itu seakan membawa penonton untuk lebih menyadari perbedaan mulai dari hal-hal kecil seperti makan.

Dan saat ini “Cuma Makan” berhasil masuk 10 Nominasi Video Inspiratif dalam Jalan Remaja 1208 tahun 2012 dengan tema “made in Indonesia”. (lia/era/jto)

Tidak ada Respon

Tinggalkan pesan "Masuk 10 Nominasi Video Inspiratif"