Massa KAJS Desak Pakde Disahkannya RUU BPJS

SURABAYA –  Setelah unjuk rasa dari Serikat Pekerja Nasional,  kali ini sekitar 12.000 massa yang tergabung dalam Komite Aksi Jaminan Sosial (KAJS) berunjuk rasa di depan kantor gubernur Jawa Timur, di Jalan Pahlawan, Surabaya, Minggu (01/05).

Berbeda dengan massa sebelumnya, massa KAJS menuntut disahkannya Rancangan Undang-undang Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (RUU BPJS).

“Kawan-kawan kita menunggu kurang dari 47 hari,apakah RUU ini disahkan”, ujar Pujianto, kordinator lapangan aksi dalam orasinya.

Massa berasal dari Surabaya,Sidoarjo, Pasuruan,Mojokerto, dan Malang ini tidak ditemui oleh Gubernur Jawa Timur Soekarwo.

“Kita mau ditemui oleh pakdhe Karwo, kalau gak kita tidak akan bubar,” hardik Pujianto.

Guna menghindari terjadinya bentrokan, pihak kepolisian yang dipimpin langsung oleh Kapolrestabes Surabaya, Kombespol Coki Manurung, berdialog dengan pihak pemerintah propinsi Jawa Timur dan perwakilan massa.

“‘Pakdhe tetap tidak mau menemui, karena beliau sudah menemui massa dari SPN,” kata salah satu staf Sekretaris Daerah Provinsi.

Massa tetap bertahan, meski mereka harus dipaksa untuk membubarkan diri. “Meskipun kita diangkut, kita tetap bertahan,sampai pakdhe menemui,” ujar Pujianto.

Dan beberapa saat kemudian, Gubernur Jawa Timur, Soekarwo akhirnya menemui massa Komite Aksi Jaminan Sosial (KAJS). (Jito/ara)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *