Manusia Tertua di Dunia Asal Jepang Wafat pada Usia 117 Tahun

JAKARTA (suarakawan.com) – Manusia tertua, seorang perempuan asal Jepang berusia 117 tahun, meninggal dunia.

Dikutip CNBC International, Nabi Tajima meninggal di rumah sakit pada Sabtu sore (21/4/2018) di Kota Kikai, Jepang bagian selatan. Dia dirawat di rumah sakit sejak Januari.

Tajima lahir pada 4 Agustus 1900 dan diketahui sebagai orang terakhir yang lahir di abad ke-19.

Dia membesarkan tujuh anak laki-laki dan dua anak perempuan, dengan 160 keturunan. Tempat tinggalnya, Kikai, adalah pulau kecil di antara Okinawa dan Kyushu.

Tajima menjadi orang tertua di dunia sejak tujuh bulan lalu saat Violet Brown asal Jamaika meninggal dunia pada September, juga pada usia 117 tahun.

Televisi di Jepang sempat menampilkan videp Tajima menggoyangkan tangannya mengikuti irama musik tradisional Negeri Sakura itu, saat upacara penotaban dia menjadi orang tertua.

Gerontology Research Group yang berbasis di Amerika Serikat mengatakan saat ini perempuan lain asal Jepang, Chiyo Miyako menjadi manusia tertua di dunia. Saat ini, Miyako yang tinggal di prefektur Kanagawa, sebelah Selatan Tokyp berusia 117 tahun dan 10 hari.

Adapun Guinness World Record pada bulan ini mengakui Masazo Nonaka yang berasal dari Utara Jepang sebagai pria tertua di dunia.(cnbc/rur)

Tidak ada Respon

Tinggalkan pesan "Manusia Tertua di Dunia Asal Jepang Wafat pada Usia 117 Tahun"