Mamografi Berhasil Tekan Kanker Payudara

Tidak ada komentar 12 views

proses deteksi kanker

PARIS (suarakawan.com) – Mammografi atau deteksi dini kanker payudara telah memainkan peran signifikan dalam penurunan angka kematian kanker payudara di Eropa, menurut sebuah penelitian yang diterbitkan Jumat.

Peneliti melaporkan tiga pasang negara-negara dengan akses yang mirip dengan pengobatan tetapi berbagai tingkat pemeriksaan payudara menunjukkan perbedaan sedikit dalam tingkat kematian dikaitkan dengan penyakit,

Penelitian yang diterbitkan online oleh British Medical Journal, menambah semakin banyak bukti yang menunjukkan bahwa dua dekade skrining rutin telah menghasilkan hasil yang moderat.

Tiga ilmuwan yang dipimpin oleh Philippe Autier Pencegahan Institut Riset Internasional di Lyon, Prancis membandingkan tingkat kematian dari sistem kesehatan dinyatakan serupa yang memulai program skrining setidaknya satu dekade terpisah.

Di Irlandia Utara, yang dimulai mammogram sistematis dalam awal 1990-an, tingkat kematian di antara pasien kanker payudara turun 29 persen 1989-2006. Di Irlandia, angka kematian turun hampir sebanyak, 26 persen, dibanding periode yang sama meskipun negara tidak mengatur skrining teratur sampai 10 tahun kemudian.

Belanda dan Belgia juga menunjukkan penurunan paralel angka kematian kanker payudara – identik dalam kasus berbahasa Belanda Belgia – meskipun jeda waktu sekitar satu dekade dalam pelaksanaan program skrining.

Dan di Swedia, yang pada tahun 1986 dipelopori mammogram sistematis untuk mendeteksi penyakit, drop hanya 16 persen, dibandingkan dengan 24 persen di Norwegia, yang mulai melakukannya hanya pada tahun 2005.

Perbedaan tipis dalam tingkat kematian menunjukkan bahwa penurunan tersebut disebabkan oleh faktor lain, seperti pengobatan yang lebih baik, kata para peneliti.

“Sejak kami mulai mempelajari efek jangka panjang pada kematian, banyak data telah menyarankan bahwa dampak yang sedikit tidak ada,” kata Autier.(afp/nas)

Tidak ada Respon

Tinggalkan pesan "Mamografi Berhasil Tekan Kanker Payudara"