Mahfud Siap Memenuhi Panggilan KPK

Tidak ada komentar 10 views

mahfud1SURABAYA (suarakawan.com) – Mantan Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) siap menjadi saksi yang Mantan Ketua MK, Akil Mochtar yang menjadi tersangka dugaan suap Pilkada Lebak Banteng.

Mahfud akan memberikan kesaksian-kesaksian tentang pengetahuannya terhadap Akil.

“Saya akan menghadiri panggilan penyidik KPK?pada Senin malam ini. Saya akan memberikan keterangan tentang pengetahuan saya terhadap Pak Akil. Termasuk laporan saya tentang dia yang harus dijelaskan lagi,” katanya kepada wartawan di Surabaya, Senin (13/01).

Kesaksian mantan Menteri Pertahanan (Menhan) ini sangat diperlukan KPK agar kasus Akil makin jelas. Selain itu, untuk mengejar waktu karena masa penahanan Akil akan segera habis.

Jika sampai sekitar 3 Februari surat dakwaan Akil belum selesai dan belum dilimpahkan ke pengadilan, maka Akil dibebaskan demi hukum.

“Kalau berkasnya tidak selesai dia harus dilepas. Saya akan beri kesaksian ke KPK, Senin malam ini,” ucapnya tanpa merinci kesaksian dalam hal apa yang akan disampaikan kepada penyidik KPK.

Sebelumnya, KPK sudah mengundang dirinya guna memberi keterangan soal Akil Mochtar pada Jumat (10/1). Namun karena harus menghadiri sejumlah acara yang sudah dipersiapkan sejak dua bulan lalu, Mahfud menyatakan tidak bisa memenuhi undangan.

Terkait penahanan Anas Urbaningrum, Mahfud mengaku pernah menawarkan diri sebagai konsultan hukum Anas menghadapi kasus Hambalang yang saat ini ditangani KPK.

Sebelum ditangkap KPK, Mahfud pernah bertemu dengan Anas untuk menawarkan sebuah tim hukum dalam pendampingan Anas.

Namun, tawaran Mahfud ditolak karena Anas tidak mau melibatkan anggota KAHMI (Korps Alumni Himpunan Mahasiswa Indonesia). Atas penolakan Anas tersebut, Mahfud MD mengaku tidak masalah.

“Alumni HMI itu merata dimana saja ada, termasuk di KPK pun ada alumni KAHMI. Makanya Anas menolak,” ujarnya.

Menanggapi tudingan keluarga Anas yang menjadikan Anas Urbaningrum sebagai tersangka cenderung dipolitisasi daripada disangkakan dalam ranah hukum, Mahfud MD secara terang-terangan membantahnya.

“Tak ada itu, semuanya apa yang dilakukan KPK itu semuanya berdasarkan hukum,” cetusnya. (Bng/era)

Keterangan foto: Mahfud ketika menjadi nara sumber dalam diskusi bersama mahasiswa di Rumah Dahlan Iskan. (Bng)

Tidak ada Respon

Tinggalkan pesan "Mahfud Siap Memenuhi Panggilan KPK"