M Nuh : Ujian Nasional (UN) SMP lebih kompleks pengaturannya

SURABAYA (suarakawan.com) – Ujian Nasional (UN) SMP akan dilaksanakan minggu depan tanggal 23 April-26 April 2012.  SMP/MTs/SMPLB 2011/2012 berjumlah ± 50 sekolah. Sedangkan siswa-siswi yang akan mengikuti UNAS SMP tahun ini sebanyak 3.740.043 peserta. Pada tahun ini standar kelulusan UN yaitu 40% dari ujian sekolah, penuntasan Kegiatan Belajar Mengajar, akhlak baik, dan 60% dari UN.

“Pembagian ini dilakukan biar tau benar tidaknya anak dikatakan pintar, jadi seimbang nggak hanya di ujian nasional aja yang jadi standar penilaiannya,” kata M.Nuh Menteri Pendidikan Indonesia, dalam jumpa pers yang diadakan Sabtu (21/04) di Hotel Mercure Surabaya sore tadi.

Ia juga menyatakan bahwa UN SMP lebih kompleks dari SMA, karena jumlah peserta SMP yang lebih banyak sujumlah 3.740.043 peserta. Lokasi penyebaran SMP yang berada di kota dan desa, dan keluguan siswa-siswi SMP juga menjadi deretan betapa kompleks Ujian Nasional SMP yang akan diselenggarakan. Namun Nuh berharap UN dapat memotivasi peserta ujian untuk tetap belajar, karena tujuan diselenggarakan UN adalah memacu belajar siswa-siswi. (eno/era)

 

Tidak ada Respon

Tinggalkan pesan "M Nuh : Ujian Nasional (UN) SMP lebih kompleks pengaturannya"