Lulus Tes, 10 Wartawan Jatim Berhak Mengikuti Program Magister di Unair

unair

SURABAYA (suarakawan.com) – Sebanyak 10 wartawan dari berbagai media massa dan anggota PWI Jatim, berhak mengikuti program magister (S-2) setelah dinyatakan lulus tes di Universitas Airlangga (Unair) Surabaya. Mereka ini penerima beasiswa Bank Mayapada yang bekerja sama dengan PWI Jatim.

“Syukur alhamdulillah, mereka lulus tes yang ditentukan Unair. Saya harapkan mereka belajar dengan tekun dan bisa menyelesaikan pendidikannya tepat waktu dengan hasil bagus,” kata Ketua PWI Jatim, Akhmad Munir di Surabaya, Kamis (8/6).

Dijelaska , Bank Mayapada bekerja sama dengan PWI Jatim memberikan beasiswa kepada 10 wartawan untuk mengikuti pendidikan jenjang magister (S-2) di Unair. Tujuannya, meningkatkan kapasitas intelektual dan wawasan wartawan di Jatim. “Ini program pencerahan yang layak didukung semua pihak,” tegasnya.

Ke-10 wartawan yang dinyatakan lulus tes TPA, Toefl, dan wawancara antara lain: Arief Sosiawan (Memorandum/Magister Manajemen), Bagus Priyono (JTV/Media dan Komunikasi), Pipit Wibawanto (MNC TV/Kajian Sastra dan Sejarah), M Sholehuddin (Jawa Pos/Pengembangan SDM), Wahjoe Harjanto (Surya/Kebijakan Publik), Achmad Mashudi (JTV/Pengembangan SDM), Fiqih Arfani (LKBN Antara/Media dan Komunikasi), Abdul Aziz (LKBN Antara/Media dan Komunikasi), Machmud Suhermono (JTV/Ilmu Politik), dan Ainur Rohim (Beritajatim.com/Ilmu Politik).

Selama menempuh pendidikan program magister, menurut Kepala Biro LKBN Antara Jatim itu, para wartawan ini mesti bisa menjalani secara konsisten sesuai dengan aturan yang berlaku di fakultas atau jurusannya masing-masing.

“Ikuti perkuliahan dan kerjakan tugas dosen dengan baik. Sebab, mahasiswa yang berlatar wartawan atau lainnya akan diberlakukan sama selama proses perkuliahan,” ujarnya.

Para wartawan ini diharapkan bisa menyelesaikan masa perkuliahannya paling lama 4 semester (2 tahun). Sebab, beasiswa yang diberikan Bank Mayapada selama 4 semester. “Bisa selesai kuliah 3 semester lebih baik. Yang penting rajin, tekun, kerja keras, ikuti arahan dosen dengan baik, dan jangan lupa berdoa,” tuturnya.

PWI Jatim, tambahnya, ke depan berharap program pendidikan dan pencerahan wartawan ini bisa dirajut dengan instansi atau korporasi lain. Sebab, investasi di bidang sumber daya manusia (SDM) merupakan faktor penting di tengah kompetisi regional dan global yang makin ketat.

“Tentu saja saya sampaikan apresiasi setinggi-tingginya kepada manajemen Bank Mayapada yang memberikan dukungan besar kepada PWI Jatim dan komunitas wartawan secara keseluruhan,” katanya.

Di samping itu, lanjut Munit, PWI Jatim juga memberikan apresiasi tinggi kepada rektor dan pimpinan Unair yang membuka kesempatan kepada wartawan menempuh pendidikan berkualitas di kampusnya.

Harapannya, kompetensi, kapasitas intelektual, dan wawasan wartawan yang menempuh pendidikan program magister makin terbuka, luas, dan tercerahkan. “Ini kesempatan emas yang mesti dimanfaatkan sebaik-baiknya. Terima kasih kepada segenap civitas akademika Unair, khususnya Pak Rektor,” ucapnya. (Bng/rur)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *