LPKS Awasi Produk Impor dari Jepang

Tidak ada komentar 40 views

SURABAYA – Lembaga Perlindungan Konsumen Surabaya (LPKS) meminta pemerintah untuk segera menghentikan impor makanan minuman dari Jepang. Hal ini terkait beredarnya bahan makanan dari Jepang yang diduga terkena radiasi nuklir.

“Pemerintah harus men-stop makanan minuman dari Jepang. Gak perlu tunggu hasil penelitian dari dinas-dinas terkait”, ujar Direktur LPKS, Paidi Prawirorejo saat dihubungi suarakawan.com, Rabu (30/3) pagi.

Permintaan tersebut, menurut Paidi Prawirorejo yang akrab disapa Mas Yoyok ini, adanya kekhawatiran dari LPKS, tentang kurang optimalnya uji laboratorium terhadap sample makanan minuman asal Jepang.

“Secara teknis administrasi ya, tapi pelaksanaan dilapangan dirasa tidak optimal. Ribuan produk asal Jepang, namun hanya segelintir yang di uji lab”, tegas Paidi.

Karena itu, kata Paidi, pasca bencana di Pembangkit Listrik Tenaga Nuklir Fukushima Daiichi, Jepang, secara periodik pemerintah mengambil seluruh sample produk makanan dan minuman tanpa kecuali.

Paidi menambahkan, pihaknya kini juga tengah melakukan uji laboratorium terhadap makanan dan minuman asal Jepang. Dan dalam waktu tiga minggu kedepan, hasil tersebut akan diketahui dan disampaikan kepada dinas terkait, sekaligus dipublikasikan kepada media massa.

Dengan demikian masyarakat tidak hanya terjebak dengan legalitas. Dan pemerintah tetap harus menjaga serta menjamin mutu dan kualitas dari produk-produk tersebut.

Tidak dapat dipungkiri rusaknya pembangkit listrik Fukushima Dai-ichi akibat tsunami yang menimpa Jepang pada 11 Maret silam membuat masyarakat internasional khawatir akan kontaminasi radiasi nuklir terhadap bahan-bahan makanan Jepang. Apalagi hampir seluruh bahan-bahan makanan dari restoran Jepang yang tersebar di seluruh negara berasal dari negeri Sakura ini. (ara)

Tidak ada Respon

Tinggalkan pesan "LPKS Awasi Produk Impor dari Jepang"