Lima Pengemudi Angkutan Umum Dapat Penghargaan Sopir Teladan Dari Dishub Jatim

lima supir teladan

SURABAYA (suarakawan.com) – Lima sopir angkutan Umum dari Batu, Malang, Magetan, Pasuruan, Situbondo mendapat penghargaan Sopir teladan dari Dinas Perhubungan dan LLAJ Jawa Timur.

Kepala Dishub dan LLAJ Jatim, Wahid Wahyudi saat ditemui usai acara penyerahan Sopir teladan di Dishub Jatim, Kamis (14/07) mengatakan dalam seleksi pemilihan peserta Akut tingkat Jatim, Dishub Jatim menyeleksi peserta dengan beberapa ujian, seperti ujian pemahaman UU Nomor 22/2009, ujian ketahanan mengemudi, teknik mengendarai kendaraan bermotor, outbound, dinamika kelompok, psikologi, kesehatan, dan materi Jasa Raharja.

“Tidak itu saja, peserta juga harus bisa memberikan pemahaman kepada pengemudi lainnya untuk selalu tertib dalam berkendara guna menekan angka kecelakaan lalulintas,” tuturnya.

Dijelaskan angka kecelakaan di Indonesia pada 2010 mengalami peningkatan dimana sebanyak 23.000 orang meninggal di Jalan dimana pada 2010 lalu kontribusi Jawa Timur kepada nasional dalam korban meninggal mencapai 3.700 orang Meninggal dunia.

“Penyebab korban kecelakaan ini meningkat karena para pengendara atau sopir selalu ugal – ugalan selam perjalanan dan tidak mematuhi rambu Lalu Lintas,” ujarnya.

Maka itu ia berharap dengan adanya pelatihan sopir teladan ini para sopir dapat mengubah perilaku dan tingkah lakunya dalam berkendaraan, sehingga diharapkan dapat mengurangi korban kecelakaan di Jalan. (aca/nas)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *