Lima Daerah Diminta Waspadai Serangan Ulat Bulu

Tidak ada komentar 37 views

SURABAYA – Dinas Pertanian Provinsi Jawa Timur bahu membahu dengan masyarakat membasmi ulat bulu di Kabupaten Probolinggo yang berlangsung sepakan lebih. Diantaranya, menyebarkan Tim Pengendalian Hama dan Penyakit (PHP) di setiap kecamatan untuk melakukan penyemprotan pestisida dan pemangkasan pohon.

“Tanamannya tidak mati, untuk mengurangi populasinya selain dilakukan penyemprotan juga harus dilakukan pemangkasan dan pohonnya bisa semi kembali,” kata Kepala Dinas (Kadis) Pertanian Provinsi Jatim Wibowo Eko Putro, Rabu 30/3) di kantornya.

Ia menjelaskan, melokalisir wabah ulat bulu, tidak cukup hanya di Kabupaten Probolinggo, melainkan empat daerah lain di Jatim juga diharapkan melakukan hal serupa. Empat daerah tersebut antara lain Pasuruan, Situbondo, Bondowoso dan Gresik.  Karena itu, pemprov Jatim  meminta lima daerah yang diwabah ulat bulu mewaspadai serangan ulat bulu. Selain itu, Pemprov Jatim juga telah mengirim alat penyemprot dan pestisida.

“Kabupaten Probolinggo distribusi alat penyemprot dan pestisida telah dilakukan sejak Februari lalu,” lanjutnya.

Sementara, jutaan ulat bulu yang bisa membuat gatal itu terus meluas di sejumlah wilayah. Jika sebelumnya di tiga kecamatan yakni, Leces, Bantaran dan Tegal Siwalan. Saat ini meluas hingga di Kecamatan Wonomerto dan Sumberasih. (ut/ara)