Lepas Seribu Burung Guna Basmi Ulat Bulu

Tidak ada komentar 14 views

SURABAYA – Anggota DPRD Jawa Timur, Habib Mahdi Alhamid melepas seribu ekor burung di 9 kecamatan yang terserang ulat bulu, guna mengantisipasi semakin meluasnya wabah ulat bulu di Kabupaten Probolinggo Jawa Timur.

Sembilan kecamatan yang terserang ulat bulu itu antara lain, Leces, Tegal Sriwulan, Bantaran, Sumberasih,  Wonomerto, Dringu, Tongas dan Banyuanyar. Dan hari ini Minggu (3/4) ulat-ulat itu menyerang kecamatan Wonoasih.

“Secara simbolis dilakukan di alun-alun Kota Probolinggo pukul 10.00 WIB, karena ulat bulu sudah mengancam kecamatan wonoasih yang berdekatan langsung dengan kecamatan alun-alun kota”, ujar Mahdi yang juga Wakil Ketua Komisi D DPRD Jawa Timur ini saat dihubungi suarakawan.com, Minggu (3/4).

Menurut Mahdi, fenomena “hujan” ulat bulu di Kabupaten Probolinggo ini, mengingatkan masyarakat bahwa ekosistem sudah tidak berimbang. Dimana populasi burung akibat dampak kegiatan masyarakat. Selain itu karena lemahnya peraturan perundang-undangan yang melarang perburuan satwa.

“Di pedesaan sudah jarang mendengarkan kicauan burung. Ini pertanda bahwa suatu sistem ekologi yang terbentuk oleh hubungan timbal balik antara makluk hidup dengan lingkungan sudah rusak”, tegas Mahdi.

Mahdi berharap, melalui kegiatan ini, menjadi pembelajaran sekaligus diikuti oleh semua masyarakat dan pemerintah setempat untuk tetap menjaga kelestarian alam.

Untuk diketahui, pelepasan seribu burung di alun-alun kota Probolinggo Jawa Timur dilaksanakan pada pukul 10.00 WIB. Secara simbolis dilepas langsung oleh Anggota DPRD Jawa Timur, Habib Mahdi Alhamid. Jenis burung yang dilepas antara lain burung parkit dan burung gereja. (ara)

Tidak ada Respon

Tinggalkan pesan "Lepas Seribu Burung Guna Basmi Ulat Bulu"